Polsek Singkep Barat Gelar Apel Bersama Guna Penanggulangan Kebakaran Hutan

136

LINGGA, Kepritoday.com Dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan, kebun dan lahan. Polsek Singkep Barat menggelar Apel bersama dihalaman Mapolsek Singkep Barat, pada Kamis (15/08/2019)

Dalam Sambutannya, Kapolsek Singkep Barat IPTU Idris mengatakan, “kami harapkan kepada Kepala Desa agar menyampaikan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan, marilah kita sama-sama menjaga agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi diwilayah kita”, ungkapnya.

Kapolsek juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi bencana nasional khususnya kebakaran hutan dan lahan, hendaknya kita dapat saling bekerja sama dengan saling memberi informasi jika ada terjadi karhutlah.

Guna mempermudah penanggulangan Karhutlah, Kapolsek Singkep Barat telah membuat sarana komunikasi berupa grup WhatsApp dengan nama Satgas Karhutlah Singkep Barat. Grup WA ini bertujuan untuk percepatan informasi jika terjadi kebakaran diwilayah hukum Polsek Singkep Barat.

“Kami berharap agar setiap perangkat-perangkat desa dapat juga berperan aktif dalam penanganan masalah Karhutlah. Dengan adanya kerjasama disetiap lapisan masyarakat, tentu masalah Karhutlah ini dapat diselesaikan dengan maksimal”, harapnya.

Selain melaksanakan Apel bersama, Kapolsek Singkep Barat juga menjelaskan sarana dan prasana yang akan digunakan Polsek Singkep Barat dalam mengambil langkah cepat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan sembari menunggu petugas Damkar dari Dabosingkep.

“Kita telah siapkan beberapa sarana seperti Posko Terpadu Karhutlah Polsek Singkep Barat, Tangki Air, racun api helm, kacamata, masker, sarung tangan, sepatu boat, dan penyemprot tanaman. Tujuannya pasti, yakni untuk percepatan kita dalam memadamkan api sebelum semakin membesar dan nantinya akan semakin sulit dipadamkan”, jelas Kapolsek Singkep Barat.

Sementara itu Danton Damkar Kabupaten Lingga Bpk. Dirgahyu Sentosa yang mengikuti Apel Bersama di Mapolsek Singkep Barat meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat membantu dalam penanganan Karhutlah, serta dapat menunjukan sumber air terdekat kepada petugas Damkar.

“Hal ini sangat berguna bagi kami, jika dalam penanganan Karhutlah, air didalam tangki mobil pemadam kebakaran habis, kami dapat bertindak dengan cepat untuk mengatasinya”, tutur Dirgahayu.

Hadir dalam Apel tersebut, Camat Singkep Barat, Sekcam Kepulauan Posek, Danton Damkar Lingga, Anggota Koramil DBS, Anggota Lanal DBS, Satpol PP Lingga, Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Singkep Barat, Linmas, serta Tokoh Masyarakat Singkep Barat. (Ari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.