Sindikat Pengedar dan Bandar Shabu, di Ringkus Jajaran Sat Narkoba Tanjungpinang

25

soeharnoko kasat narkoba
AKP.Soeharnoko, SH, Kasat Narkoba Polresta Tanjungpinang, Menunjukkan Barang Bukti Shabu-shabu Yang Berhasil di Amankan Dari Tangan Tiga Tersangka, EA, EH, dan HS

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Jajaran Polisi dari Satuan Narkoba Polresta Tanjungpinang, berhasil meringkus, tiga orang sindikat Pengedar dan Bandar Narkoba jenis Sabu-sabu. Kasat Narkoba, AKP. Soeharnoko, SH, beserta jajarannya, menggelar Konferensi Pers, Senin (26/05) 2014, diruang rapat Kantor Polres Tanjungpinang.

Soeharnoko mengatakan, pelaku ditangkap beserta Barang Bukti (BB), sebanyak, 25 Gram Sabu-sabu (SS) pada hari Kamis (22/05), sekitar pukul 3 sore, sedang melakukan transaksi di salah satu kedai kopi simpang Dompak, Kecamatan Bukit Bestari. Pelaku beserta BB, 25 Gram SS, dan 1 unit Mobil Toyota Avanza warna silver BP 1695 TH,  dan 1 unit timbangan, berhasil diamankan Sat Narkoba Polresta Tanjungpinang, guna bahan penyelidikan.

Tiga orang pelaku yang diamankan Satuan Narkoba Polresta Tanjungpinang, masing-masing berinisial, EA, EH, dan HS, sementara dari hasil penangkapan EA  kedapatan memiliki Sabu-Sabu,  seberat, 1 Gram lebih, tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Tersangka EA akan dijerat dengan UU Tentang Narkoba, Pasal 114 ayat 1 junto 112 ayat 1, tersangka EA, terancam dengan sanksi kurungan 5 – 15 Tahun Penjara.

Sementara pengakuan tersangka EA, saat dijumpai media ini mengatakan, kalau dirinya hanyalah sebagai pemakai, bukan pengedar ataupun bandarnya. “ Saya hanya pemakai pak, bukan kurir narkoba. “ Tegasnya, kepada media ini. Sementara, tersangka lainnya, EH dan HS, akan dikenakan sangsi dengan Pasal 114 ayat 2 Jo 112 pasal 132, Undang-Undang tentang Narkoba, karena memiliki barang haram tersebut, diatas 5 Gram, tanpa dilengkapi dokumen yang sah, maka tersangka, EH dan HS, terancam dengan hukuman ringan, dengan kurungan minimal 15 tahun penjara, dan seberat-beratnya hukuman mati. Tegas Kasat Res Narkoba, AKP. Soeharnoko, SH.

Dalam konperensi Pers tersebut, Kasat Res Narkoba, AKP. Soeharnoko, SH mengungkapkan sedikit kecewa, atas pemberitaan yang pernah dimuat di sejumlah media harian dan media online, terkait 8 orang yang  berhasil ditangkap jajaran Polres Sat Narkoba beberapa waktu lalu, karena diduga menggunakan narkoba disalah 1 kamar di Hotel Rasa Yakin, Komplek Bintan Plaza Bt 3, Kota Tanjungpinang, dan dilepas kembali.

Dijelaskan, Soeharnoko, mereka tidak kita bebaskan, namun, dari hasil pemeriksaan dari 8 tersangka tersebut, 6 orang diantaranya dibebaskan, karena tidak memenuhi unsur untuk dijadikan tersangka, sesuai dengan Undang-Undang Narkotika. katanya.

Soeharnoko menyangkal dengan tegas, kalau 6 orang itu di bebaskan, “ Terkait 6 orang yang diperiksa itu, tidak di bebaskan, karena hasil pemeriksaan tes urine di Rumah Sakit, dan dari pemeriksaan tes urine mereka, tidak terbukti adanya mengandung narkoba, dan dari tes urine mereka, terbukti mengandung vitamin Metilon, namun keenam orang tersebut tidak dibebaskan begitu saja, mereka juga harus wajib lapor 1 kali dalam satu minggu.” Jelas Soeharnoko. 

Soeharnoko menambahkan, wartawan adalah mitra kerja dari kepolisisan, “ Saya berharap kepada rekan-rekan Pers, tolonglah buat berita yang berimbang, dan saling berkoordinasi dengan kami, kalau memang ada yang kurang jelas, dari pihak kita siap untuk menjelaskannya, agar dalam pemberitaan benar-benar akurat, agar masyarakat juga tidak salah mengartikannya”. Jelasnya. (djoko)

Comments are closed.