Rokok Illegal Dari Batam Masuk ke Dabo Singkep Tanpa Pengawasan Pihak Terkait

20160515_153359-1-3

Pemilik Lori Saat Diminta Membuka Muatan Yang Membawa Rokok Tanpa Cukai Dari Pelabuhan Ferry Jagoh.

LINGGA, Kepritoday.com – Beredarnya rokok tanpa cukai yang diproduksi di Batam, yang selanjutnya diedarkan di Lingga, semakin marak. Peredaran rokok ini bukan rahasia umum lagi, malah rokok yang dibawa terang-terangan dari Batam ke Lingga menggunakan kapal ferri melalui pelabuhan Jagoh ini sering kali terjadi, dan seakan luput dari pantauan instansi terkait (Bea Cukai / red) yang bertugas dipelabuhan tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang porter pelabuhan jagoh, yang tidak mau namanya di publikasikan, dimana dia (porter/red) mengatakan, masuknya rokok ini sudah sering sekali, minimal dua hari satu kali.

” Hari Jum’at sore rokok tersebut ada masuk sebanyak 6 paket ukuran kardus besar. Dari ferry langsung dimuat kelori putih bernomor polisi, BP 8077 TA, yang selanjutnya dibawa ke Dabo Singkep. Berselang dua hari, yaitu pada hari minggu masuk lagi, sebanyak 4 paket kardus yang dibungkus karung plastik putih, dua hari selanjutnya pada hari selasa ada lagi, malah lebih banyak dari hari sebelumnya dan kemudian dibawa ke Dabo Singkep dengan menggunakan lori yang sama.” Urainya.

Dari hasil investigasi yang diperoleh Kepritoday.com, Minggu (17/05), sopir lori yang membawa rokok ilegal tersebut bernama Abang, yang masih kerabat Yanto. Dari keterangan Abang, muatan yang dibawanya milik salahsatu oknum  aparat yang bertugas di Dabo Singkep, dan muatan tersebut akan dibawa kerumah oknum tersebut.

” Saya hanya disuruh menjemput dari pelabuhan Jagoh, untuk dibawa kekediamannya (sambil menyebut kesatuan oknum pemilik barang bawaannya).” kata Abang.

Sementara itu, menurut masyarakat yang biasa mangkal dipelabuhan Jagoh, yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan, kemarin petugas Bea Cukai pernah melakukan penangkapan rokok ilegal tersebut dan rokok tersebut langsung dibawa dengan menggunakan mobil dinas Bea Cukai.

” Kemarin kita pernah melihat petugas Bea Cukai melakukan penangkapan rokok ilegal tersebut dan kita melihat langsung isi paket yang di tangkap tersebut ternyata rokok, untuk proses selanjut nya kita tidak tahu.” Ungkapnya.

Mekipun sudah pernah di tangkap, namun tidak membuat penyalur serta pemilik rokok ilegal ini kapok alias jera. Malah semakin terang-terangan melalui jalur resmi, yaitu pelabuhan ferry Batam tujuan Jagoh Kecamatan Singkep Barat. Sementara aparat yang bertugas dipelabuhan seakan takut mengambil tindakan, karena penerima rokok yang berada di Dabo Singkep merupakan Oknum yang bertugas di Dabo Singkep. (RL)

Top