Pemerintah Kota Pariaman Gelar Festival Pesona Gandoriah Tahun 2016

?

Pembukaan Festival Pesona Gandoriah 2016

PARIAMAN, Kepritoday.com – Dalam rangka mempromosikan destinasi wisata Kota Pariaman kepada masyarakat luar, Pemerintah Kota Pariaman menggelar Festival Pesona Gandoriah tahun 2016. Kegiatan tersebut adalah lanjutan dari even yang telah digelar pada tahun 2015 dengan tujuan untuk melestarikan dan mempromosikan salah satu destinasi wisata Pantai Gandoriah sebagai salah satu tempat wisata unggulan Kota Pariaman.

Festival Pesona Gandoriah 2016 diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 28 Mei hingga 1 Juni 2016 yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Priadi Syukur, Sabtu (28/5).

Kegiatan tersebut diisi dengan acara bazar dan hiburan rakyat. Diantaranya lomba layang-layang kreasi yang diikuti lima negara yakni Amerika, Singapura, Malaysia, Thailand, Swedia dan beberap kota besar yang ada di Indonesia.

Selain itu ada workshop layang-layang, lomba kuliner masak kapalo ikan, Gandoriah musik fiesta, selaju sampan, lomba lagu Minang anak-anak dan dewasa, lomba surfing, lomba foto dan video pariwisata, lomba kuliner berbagai jenis sala dan lomba baruak mamanjek kambie.

Priadi Syukur mengatakan, kebanggaannya atas promosi wisata yang telah dilakukan oleh Kota Pariaman, karena hal tersebut sangat menunjang aspek pendapatan daerah dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Priadi juga berharap, Pemko Pariaman bersama aparatur Polres Pariaman dan TNI mampu menjaga norma-norma dan aturan kaidah yang sesuai dengan adat, budaya dan agama daerah serta mampu mengangkat kreatifitas kesenian tradisional yang sudah mulai terkikis dimakan zaman. Katanya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman mengungkapkan bahwa Festival Pesona Gandoriah 2016 merupakan kalender wisata nasional. Pariwisata merupakan kebijakan strategis Pemerintah Kota Pariaman, sebagai daerah destinasi wisata, sejalan dengan visi Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, adat dan agama. Wisata mampu sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi daerah.

“Dengan ramainya pengunjung pantai ini, kita berharap masyarakat juga diuntungkan sesuai dengan capaian yakni pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan membangun dunia pariwisata,” kata Walikota Mukhlis Rahman.

Pembukaan event tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman, H. Genius Umar, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Endarmi, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Reni Mukhlis, Ketua GOW Lucy Genius, Ketua DPRD Kota Pariaman, Mardison Mahyudin, Kapolres Kota Pariaman, AKBP. Ricko Junaldi, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Endro Burbiantoro, Kajari Pariaman, Yulitaria dan Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Rose Satria serta Kadis Budpar Kota Pariaman, Efendi Jamal. (dodoyx)

Top