Pemda Natuna Siapkan Kapal Cepat, Antisipasi Adanya PDP Covid-19

299

NATUNA, KPEPRITODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemda) Natuna saat ini telah menyiapkan Kapal Cepat, antisipasi adanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Natuna.

Adalah KM Senua, milik Dinas Perhubungan, berkapasitas 30 penumpang, yang saat ini stanbay di Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Ranai.

Kapal cepat tersebut, sengaja disiapkan bagi PDP Covid-19 di Natuna, yang memang harus disegerakan dibawa ke Batam dalam penanganannya.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Rizal Rinaldy saat memantau langsung kondisi KM Senua mengatakan, meskipun kapal tersebut dinilai tidak layak mengangkut pasien, namun Kapal itu tetap dapat digunakan jika dalam situasi darurat.

“Kapal ini sebenarnya tidak layak, karena tidak terdapat ruang khusus untuk pasien, dan toiletnya pun cuma satu. Tapi dalam keadaan darurat, tetap bisa kita pakai,” ujarnya. Senin, (03/02/2020) petang.

Kepala Dinas Perhubungan Natuna, Iskandar DJ Saat Koordinasi Bersama Kepala KPP Natuna, Terkait Rencana Penggunaan Kapal KN. Sasikirana

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Iskandar DJ, bersama Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulan bencana Sawal Saleh, serta Kepala Bandara Raden Sadjad, juga telah memantau kondisi Kepal Cepat KN. Sasikirana milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna.

Pada Kapal KN. Sasikirana, diketahui memang telah dilengkapi obat-obatan, dan ruang khusus bagi pasien.

Namun dalam ijin penggunaannya, Pemerintah Daerah harus terlebih dahulu menyurati Pemerintah pusat.

“Kita telah memantau Kondisi ruang KN. Sasikirana juga, nanti kita akan sampaikan kepada Bupati Natuna untuk bisa disurati pusat, untuk mendapat ijin penggunaannya apa bila kita terdapat pasien PDP Covid-19. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.