Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada, Gelar Acara RAT Tahun Buku 2014

149
DSCN4610
Ketua Koperasi Yekti Bina Sembada, Agung Widodo. Menyampaikan Kata Sambutan.

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada, mengadakan acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2014, RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi Yekti Bina Sembada, dilaksanakan di Kantor Koperasi Yekti Bina Sembada, Jl. W.R Supratman No. 8-9, Complex Ruko Biram Dewa, Simpang Lima Kota Piring, Tanjungpinang. Minggu, 25 Januari 2015.

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang, seorang, atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Koperasi Yekti Bina Sembada, tumbuh dan berkembang berkat adanya kesadaran dan partisipasi dari seluruh komponen, yang peduli terhadap pentingnya peranan koperasi di tengah-tengah masyarakat.

Dalam menjalankan usahanya, Koperasi Yekti Bina Sembada, selalu berorientasi pada kebutuhan anggotanya, sehingga penetapan usaha-usaha yang selama ini dijalankan merupakan usaha yang telah mendapat kesepakatan anggota dalam RAT.

RAT dihadiri oleh Puluhan anggota koperasi dan di mulai pukul 9.00 WIB. Acara ini selain dihadiri oleh anggota koperasi, pengurus, pengawas juga dihadiri oleh pejabat struktural dari perwakilan Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Tanjungpinang.

DSCN4620
Anggota Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada Yang Hadir Pada Acara RAT Tahun Buku 2014.

Acara diawali dengan registrasi peserta koperasi yang dimulai dari jam 9.00 WIB, kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan dan Kata Sambutan oleh Ketua Koperasi Yekti Bina Sembada, Agung Widodo.

Dalam sambutannya, Agung Widodo mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang bergabung dengan Koperasi Yekti Bina Sembada ini, dan Agung juga menjelaskan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah Koperasi adalah hal yang mutlak dan harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan Koperasi.

Selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi, yaitu, atas asas kekeluargaan. Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi Koperasi adalah pada anggotanya. Kata Agung.

DSCN4617
Perwakilan Disperindagkop dan UMKM Kota Tanjungpinang, Rohino.

Disambung dengan sambutan dari perwakilan Disperindagkop dan UMKM Kota Tanjungpinang, Rohino. Di awal sambutannya, Rohino menyampaikan permintaan maaf dari Kepala Dinas, atas ketidakhadirannya dan mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus koperasi atas terlaksananya RAT Koperasi Yekti Bina Sembada tahun buku 2014.

Beliau menambahkan bahwa kegiatan RAT ini merupakan pertanggungjawaban pengurus terhadap pembina koperasi dalam mengelola saham anggotanya. Terlaksananya kegiatan RAT Koperasi Yekti Bina Sembada ini sebagai indikator keberhasilan koperasi (good governance).

Adapun indikator good governance dari manajemen koperasi yang baik diantaranya adalah adanya peran serta dari anggota, adanya peningkatan dalam jumlah simpanan anggota, besarnya SHU dan distribusi SHU, adanya peningkatan jumlah modal, pemilik modal dan pemanfaatan modal tersebut serta peran dari pengurus dan pengawas sebagai penerima amanah dari anggota koperasi. Ujar Rohino.

Ditambahkannya, hal ini menjadi pemicu untuk lebih menerapkan sikap rasional, menjaga akuntabilitas, profesional dan amanah. Diakhir sambutannya beliau berharap agar kegiatan RAT ini menjadi sarana ikhtiar dalam hidup mendapat keberkahan dari Allah dalam rangka mengumpulkan dan memanfaatkan rizki yang sesuai di jalan Allah. Katanya lagi.

DSCN4629
Ketua Koperasi Yekti Bina Sembada, Agung Widodo. Memberikan Penghargaan Kepada 7 Orang Dalam Kategori Menabung Yang Paling Rajin.

Diakhir acara, Koperasi Yekti Bina Sembada memberikan penghargaan kepada 7 orang yang masuk dalam kategori menabung yang paling rajin, masing-masing yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu,
1. Meisy
2. Aji
3. Risanti
4. Jacindo
5. Safino
6. Hannah Ameling
7. Febriyana

Semoga penerima penghargaan dari Koperasi Yekti Bina Sembada, dapat mempergunakan hadiah yang diberikan oleh Koperasi Yekti Bina Sembada ini dengan sebaik-baiknya. (djo)

Comments are closed.