Drs. H. Marpuji Ali, M.Si : Umat Islam Pemegang Kunci Kemajuan Bangsa

Jpeg

Drs. H, Marpuji Ali, M.Si, Selaku Khatib Shalat Id di Lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Pada hari rabu 06-Juli-2016, seluruh penjuru dunia mulai dari yang tinggal di sudut-sudut kota megapolitan sampai yang tinggal dipelosok perkampungan, merayakan dan melaksanakan shalat idul fitri 1 syawal 1437 H, kebahagiaan ini adalah sebuah wujud cerminan dari kesucian jiwa/diri yang merupakan buah dari kemenangan menahan diri (berpuasa) dibulan suci Ramadhan sebulan penuh.

Dalam hal ini warga Muhammadiyah Kota Batam, sejak pukul 06.30 wib, berbondong-bondong mendatangi lapangan Tumenggung Abdul Jamal, Muka Kuning Batam, Rabu. (06/07), untuk melaksanakan shalat idul fitri, turut hadir dalam shalat idul fitri ini, Kadisnaker, Kota Batam Zarefriadi, Kapolsek Sei Beduk, Kompol Suwitnyo, dan masyarakat kota Batam.

Pelaksanaan shalat idul fitri ini diawali dengan sambutan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batam, dan dilanjutkan sholat idul fitri berjamaah, selanjutnya, yang bertindak sebagai khatib Drs. H, Marpuji Ali, M.Si, beliau merupakan Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Semarang, dan pengurus Muhammadiyah Pusat Jakarta.

Jpeg

Jamaah Muhammadiyah Kota Batam Saat Shalat Id di Lapangan Tumenggung Abdul Jamal Batam.

Dalam ceramahnya, Drs.Marpuji Ali menyampaikan, bahwa umat islam di Indonesia memegang kunci kemajuan bangsa ini, harus mampu memaksimalkan perannya diberbagai disiplin ilmu untuk menghadapi tantangan zaman, keislaman dan kebangsaan laksana sekeping mata uang yang tidak terpisahkan, kemajuan umat islam juga kemajuan bangsa Indonesia demikian pula sebaliknya.

Untuk menilai dan mengukur pencapaian bangsa Indonesia selama tujuh puluh tahun merdeka, dipandang dari tujuan Negara, maka ada beberapa indikator yang menjadi renungan bersama, antara lain, kemampuan negara melindungi segenap warga negara dan seluruh tanah air masih jauh dari cita-cita, kemajuan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peran umat islam sebagai penduduk mayoritas dan sekaligus pemegang kunci kemajuan bangsa harus melakukan upaya-upaya yang solutif diantaranya ialah, membangung akhlaqul karimah (keluhuran mulia) sebagai basis mulia, dan penguasaan Ilmu Pengetahuan sebagai penggerak kemajuan bangsa dan terkahir kesatuan dan persatuan umat islam dengan prinsip ukhuwah.

Dengan demikian idul fitri tahun ini harus menjadi tonggak pembangunan kearah Indonesia yang berkemajuan, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara dimasa depan dapat memberi harapan dan kunci utamanya terletak dipundak kaum muslimin sebagai umat mayoritas. jika umat islam maju maka bangsa dan negara juga akan maju pula, begitu sebaliknya.

Jpeg

Zarefriadi, Kadisnaker Kota Batam dan warga saat bersalam salaman, seusai Shalat Id.

Saat wawancara terpisah setelah melaksanakan shalat Id, Drs.H.Marpuji Ali, M.Si mengatakan, sebagai umat mayoritas tentunya mengendalikan negeri ini dan ada syaratnya, diantaranya kuasai ilmu pengetahuannya, pondasi iman harus kuat, bila kuasi Iptek saja tidak kuasi iman, maka akan terjadi manipulasi.

” Manipulasi hukum,manipulasi ekonomi,manipulasi politik yang di sebabkan oleh lemah imannya tadi,oleh karena itu harapan kami untuk umat islam marilah kita bangkit perkuat moral.” Kata Marpuji.

Saat Kepritoday menyinggung kasus bom bunuh diri, yang terjadi di Komplek Mapolresta Surakarta Solo, Selasa. (05/07) tersebut, Marpuji Ali dengan tegas menegaskan, saya mengharapkan kepada umat islam Indonesia jangan terpengaruh oleh kasus-kasus bom tersebut, bukanlah karena bom bisa menyelesaikan masalah karena dalam agama islam juga tidak di benarkan, marilah kita kembali kejalan yang benar jalan yang di ridhoi olehnya. (andri)

Top