Soal Covid-19, KP. YUDISRTIRA-8003 Sampaikan Maklumat Kapolri Kepada Masyarakat Pesisir Pantai Kota Batam

45

BATAM, KEPRITODAY.COM – Komandan Kapal Polisi KP. YUDISTIRA-8003, AKBP Capt. Dedy Prayudy, bersama sejumlah anggotanya melakukan himbauan kepada masyarakat seluruh Pesisir pantai Kota Batam, Kepulauan Riau, terkait upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19. Selasa, (24/03/2020) pagi.

Dengan menggunakan Rabbor Boat, Himbauan tersebut disampaikan pihak KP. YUDUSTIRA-8003 secara langsung kepada masyarakat, dan secara tertulis yang ditempelkan di setiap dinding-dinding rumah dan pagar pelantar.

Hal itu dilakukan menyusul instruksi dari Kapolri, atas maraknya Pandemi Covid-19 yang saat ini kian merebak diberbagai belahan dunia.

Dalam hal ini, KP. YUDISTURA-8003 juga melakukan Binmas Air berupa penyampaian maklumat Kapolri kepada masyarakat.

Adapun Maklumat Kapolri yang disampaikan tersebut, diantaranya Sebagai Berikut :

1. Memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (salus populi suprema lex esto),” .

2. Kapolri melarang semua kegiatan yang berpotensi bisa mengumpulkan orang banyak atau massa. Baik itu yang berada di tempat umum atau di lingkungan masing-masing. Apakah itu berbentuk pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan, seperti seminar, lokakarya, sarasehan, dan kegiatan lainnya.
Ini juga termasuk kegiatan konser music, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran atau resepsi keluarga. Ini artinya kegiatan resepsi pernikahan dan acara keluarga lainnya juga dilarang.

3. Pelarangan juga berlaku untuk kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan.

4. Tetap tenang dan tidak panik, serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

5. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.

6. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, dan apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat.

“Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan Maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas AKBP Capt. Dedy Prayudy. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.