Sidang Penetapan Kelulusan Akhir Tingkat Panda Penerimaan Tamtama Polri TA 2016

IMG-20160713-WA0022

Wakapolda Kepri, Kombes Pol, Drs. Yan Fitri Halimsyah, MH, saat memimpin sidang penetapan kelulusan akhir tingkat panda penerimaan tamtama Polri TA 2016

BATAM, Kepritoday.com – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2016 pukul 10.00 wib, mengadakan kegiatan sidang penetapan kelulusan akhir tingkat panda penerimaan tamtama Polri TA 2016, bertempat di Gedung Serba Guna Polda Kepri.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, AKBP. Hartono, SH, sidang penetapan kelulusan akhir tingkat panda penerimaan tamtama polri TA 2016 dipimpin Oleh Wakapolda Kepri, Kombes Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH, yang dihadiri oleh Irwasda Polda Kepri, Panitia Daerah dan Pejabat Utama Polda Kepri, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Propinsi Kepri, Kadis Perindag dan ESDM Kota Batam, Kadis Pendidikan, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Ketua Himpunan Psikologi Kepri, Ketua LSM FKPM Kepri serta para peserta, Orang Tua/wali. Katanya.

Dalam Amanat Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, yang dibacakan oleh Wakapolda Kepri, Kombes Pol, Drs. Yan Fitri Halimsyah, MH, menyampaikan, Pelaksanaan sidang terbuka penetapan  kelulusan akhir tingkat panda yang akan kita laksanakan pada hari ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian kegiatan seleksi penerimaan tamtama  polri TA 2016 tingkat daerah yang telah diselenggarakan oleh pihak panitia Daerah Polda Kepulauan Riau sejak tanggal 8 april 2016, dengan mengikutsertakan berbagai instansi sebagai pengawas eksternal.

Pengawas Eksternal yang diikutsertakan, seperti, Ombudsman RI, perwakilan Provinsi Kepri, Universitas Batam, Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Dinas Pendidikan Kota Batam, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Ikatan Dokter Indonesia Kota Batam, Himpunan Psikologi Kepri, dan LSM FKPM Kepri.

IMG-20160713-WA0026Hal tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan seleksi penerimaan Tamtama Polri TA 2016 ini dapat terselenggara secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) sesuai dengan prinsip penerimaan anggota Polri yang dicanangkan oleh Mabes Polri.

Prinsip – prinsip pada kegiatan seleksi penerimaan Tamtama Polri tersebut tentunya perlu di Implementasikan oleh seluruh pihak yang berkompeten baik itu pihak panitia penyelenggara, para calon dan wali peserta seleksi, maupun pengawas internal serta pengawas eksternal yang telah dibentuk, untuk bersama sama melaksanakan dan mengawasi setiap tahapan seleksi.

Pengawas Internal dan Eksternal yang telah dibentuk agar dapat mengawasi setiap tahapan seleksi, baik itu sejak tahap pendaftaran, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, pengujian kemampuan akademik maupun kemampuan jasmani serta anthropometri, pendalaman pmk (penelusuran mental kepribadian) dan kemudian diakhiri dengan tahap penentuan kelulusan akhir tingkat panda yang sebentar lagi akan kita laksanakan bersama pada hari ini.

Pada pelaksanaan sidang penetapan kelulusan tingkat panda ini, kita akan sama – sama melihat sampai sejauh mana hasil yang telah diperoleh masing masing calon peserta. Tentunya nilai – nilai yang akan dipaparkan oleh panitia merupakan hasil penilaian yang sangat obyektif, karena dalam setiap kegiatan pemeriksaan hasil pengujian, selalu mengikutsertakan dan melibatkan pihak pengawas eksternal maupun internal, disamping para peserta seleksi itu sendiri secara langsung dapat mengetahui hasil kemampuan yang dimilikinya serta dikoreksi terbuka dan diumumkan pada hari yang sama.

Keseluruhan hasil akhir penilaian yang diperoleh masing masing calon nanti akan menjadi acuan dan pedoman bagi kita bersama dalam menentukan kelulusan tingkat panda para peserta seleksi tamtama polri TA 2016.

Tentunya kita sepakat bahwa rangking kelulusan berdasarkan pada penilaian  yang diperoleh oleh para peserta, artinya siapapun yang memiliki nilai akhir yang tertinggi tentu saja memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengikuti pendidikan pembentukan Tamtama Polri.

Untuk perlu saudara ketahui yang menentukan jumlah casis tamtama yang akan diterima setiap tahun anggaran ditentukan dengan kuota, untuk tahun anggaran 2016 pendidikan pembentukan Tamtama Polda Kepri mendapatkan jatah kuota sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 orang Tamtama Brimob dan 6 orang Tamtama Polair.

Selanjutnya Casis tersebut akan mengikuti pendidikan pembentukan di Pusdik Polair Jakarta dan Pusdik Brimob Watukosek Jawa Timur yang telah ditetapkan oleh panitia pusat Mabes Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, menyampaikan ucapan terima kasih atas peran aktif panitia, pengawas ekternal dan pengawas internal pada pelaksanaan seleksi penerimaan Tamtama Polri TA 2016, dan kepada para peserta seleksi maupun orang tua / wali, saya  mengucapkan terima kasih atas partisipasinya mengikuti kegiatan seleksi ini, semoga hasil yang diperoleh nantinya dapat menjadikan para calon peserta yang lulus terpilih tetap menjunjung tinggi sportifitas dan bagi peserta yang lulus tidak terpilih jangan menyerah dan jangan putus asa, masih ada waktu untuk mengikuti seleksi tahun berikutnya. (andri)

Top