SD Negeri 004 TPI Barat Adakan Acara Perpisahan

24

perpisahan-sdn004
Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH di Sela-sela Acara Perpisahan Siswa-siswi SDN 004 Tanjungpinang Barat, Yang diselenggarakan di Aula Bulang Linggi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kamis (29/5).

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Setelah melewati serangkaian ujian sekolah hingga ujian akhir, para pelajar, Kelas VI SDN 004 Tanjungpinang Barat, menggelar acara perpisahan yang dilaksanakan di aula Bulang Linggi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kamis (29/5). Acara perpisahan dihadiri oleh, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH beserta istri, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, serta Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd dengan didampingi Ny. Juariyah syahrul, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ. Dadang. AG, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara perpisahan ini, sekaligus pelepasan siswa-siswi, Kelas VI tersebut, diikuti sebanyak 113 siswa  Kelas VI serta seluruh guru di SDN 004 Tanjungpinang Barat.

Jumadi, Kepala Sekolah 004, menjelaskan, acara perpisahan sengaja digelar sebelum pengumuman kelulusan dengan harapan siswa-siswi dapat mengikuti seluruh rangkaian acara tanpa beban mental, sehingga dapat memberikan kenangan manis tersendiri bagi para siswa.

Acara perpisahan ini juga bertujuan untuk mengembalikan para siswa kepada orang tuanya. Walaupun demikian, proses belajar mengajar tetap berjalan hanya saja para siswa sudah siap untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Dilanjutkan Jumadi, tanggungjawab pendidikan bagi para generasi muda bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah belaka, seperti yang dijelaskan oleh Walikota Tanjungpinang, proses belajar anak tidak hanya terjadi di sekolah tapi juga di dalam keluarga dan lingkungan pergaulan sekitarnya. “40% waktu belajar anak didapatkan dirumah. Angka ini lebih besar daripada di sekolah yang hanya 25%. Sementara sisanya terjadi di lingkungan sekitar.” Ungkap Lis.

“Dengan demikian, masalah kelulusan bukan semata menjadi tanggungjawab guru saja, tapi tanggungjawab kita semua. Membangun pendidikan tidaklah mudah, tapi mengomentari itu hal yang mudah.” Katanya lagi.

Kepada para siswa yang akan lulus, Lis juga berpesan agar semakin meningkatkan prestasi belajarnya. “Jangan lupa selalu berdoa dan beribadah, tingkatkan prestasi, dan yang tidak boleh dilupakan adalah selalu patuh kepada orang tua.” Pesan Lis dihadapan para siswa.

Selama acara berlangsung, para tamu yang hadir disuguhi dengan hiburan apik yang dibawakan oleh para siswa/i SDN 004 Tanjungpinang Barat seperti tarian kreasi melayu, paduan suara, fashion show, serta marawis.(djoko)

Comments are closed.