Pemberangkatan Peleton Beranting Napak Tilas Dalam Rangka Peresmian SPN Polda Kepri

Kapolda Kepri,Brigjend Pol.Drs.Sam Budigusdian MH selaku pemimpin upacara pelepasan peleton napak tilas SPN

Kapolda Kepri,Brigjend Pol.Drs.Sam Budigusdian MH, Memimpin Upacara Pelepasan Peleton Napak Tilas SPN

BATAM, Kepritoday.com –  Kepolisian Daerah Kepulauan Riau,melaksanakan kegiatan Pemberangkatan peleton beranting napak tilas dalam rangka peresmian sekolah polisi Negara (SPN) Polda Kepri pada pada hari ini Sabtu (30/07)

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, AKBP. Hartono, SH, mengatakan, bahwa, upacara Pemberangkatan peleton beranting napak tilas dalam rangka peresmian Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kepri, dilaksanakan di Lapangan upacara Polda Kepri, pukul 21.30 Wib.

Upacara dipimpin langsung oleh, Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, dan dihadiri oleh Waka Polda Kepri, Irwasda Polda Kepri, para Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolresta Barelang, Dandim 0316 Batam, DanLanal Batam, Danyon Yonif Raider Khusus 136/ Tuah Sakti, Danyon Infantri 10 Marinir/satria bhumi yudha dan para peserta upacara.

Dalam amanatnya, Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, menyampaikan, lahir, tumbuh dan berkembangnya Polri tidak lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Polri telah dihadapkan pada tugas-tugas yang unik dan komplek, selain menata keamanan dan ketertiban masyarakat dimasa perang.

Untitled-1 copy

Pemeriksaan Peleton Napak Tilas oleh Kapolda Kepri dan Pemberian Pataka kepada peleton napak tilas SPN Kepri

Seiring dengan perjuangan tersebut diberbagai daerah di Indonesia dibentuk persatuan Mobile Brigade (Mobrig) yang pada masa itu ikut aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, termasuk didaerah Kepulauan Riau dibentuk Kompi 5271 yang menurut catatan sejarah Kompi Mobrig ini telah melaksanakan berbagai tugas Kepolisian termasuk diantaranya, Operasi Konfrontasi dengan Malaysia dengan Sandi Operasi Dwikora.

Kemudian, dengan adanya Likuidasi terhadap kekuatan personel Resimen Brimob pada masa itu, maka, mako kompi Brimob yang ada di Tanjung Batu Kepri dialih fungsikan menjadi Mako Dit Pol Air Polda Riau, dan kemudian pada tahun 2014 yang lalu Dit Pol Air Polda Riau dipindahkan ke Kabupaten Siak provinsi Riau. maka bangunan mako yang ada di Tanjung Batu diserahkan kepada Polda Kepulauan Riau.

Dan atas petunjuk serta arahan dari pimpinan Polri bangunan mako tersebut dialih fungsikan menjadi Sekolah Polisi Negara (SPN) dan direncanakan pada tahun ini, akan dilaksanakan pendidikan pembentukan Brigadir Polri TA.2016.

Kegiatan napak tilas yang akan dilaksanakan, menempuh jarak lebih kurang 60 Kilometer perjalanan darat dan laut yang dibagi dalam lima etape perjalanan, terdiri dari 300 personel Polri, dan 150 Personel TNI dari Raider khusus 136 dan Marinir/Satria Bumi Yudha.

Kegiatan dimulai dari lapangan upacara Polda Kepri menuju mako Dit Pol Air Polda Kepri, di Sekupang, setelah itu dilanjutkan perjalanan laut menuju Kundur Utara serta perjalanan darat kembali melalui sungai Ungar, di Tanjung Batu dan berakhir di SPN Polda Kepri, di Tanjung Batu.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenang jasa dan perjuangan para insan Bhayangkara di Provinsi Kepri serta untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan semangat Tribrata dan Catur Prasetya dalam sanubari setiap insan Bhayangkara Polri, sehingga dengan harapan cerita sejarah ini dapat ditularkan kepada calon-calon Bhayangkara Muda yang nantinya akan mengikuti pendidikan pembentukan di SPN Polda Kepri ini. (andri/oscar)

Top