Nurdin Basirun Hadiri Road Project Batam-Bintan PLN Batam

IMG-20160427-WA0003

Acara Kegiatan Road Project Batam-Bintan dalam ekxpose pembangunan kelistrikan interkoneksi 150KV Batam-Bintan

BATAM, Kepritoday.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan II mengadakan kegiatan road project Batam-Bintan dalam ekxpose pembangunan kelistrikan interkoneksi 150KV Batam-Bintan, Selasa (26/04).

Kegiatan road project ini di hadiri oleh Plt.Gubernur Kepri Dr. H.Nurdin Basirun, Danrem 033 Wira Pratama yang di wakili oleh Dandim 0316 Batam, Lekol Inf. Dwi Andreas,Danlanal Batam, May Frengky, Kabinda Kepri, Brigjend Julius Selfanus, Kajati Batam Ibu Zarida, Kapolda Kepri, yang di wakili oleh AKBP Nasrul, DPRD Provinsi Kepri, Irwansyah dan rombongan dari Provinsi Kepri, juga Pemko Batam, Pemko Tanjungpinang dan Bintan.

Dalam upaya meningkatkan kuantitas  mutu dan keandalan sistem kelistrikan di Provinsi Kepulauan Riau dan mengevaluasi daya listrik dari pulau Batam ke pulau Bintan, pemerintah melalui PT.PLN (Persero) unit induk pembangunan II telah membangun telah membangun gardu induk,kabel laut,saluran udara tegangan tinggi (SUTT),dan landing point interkoneksi 150 kV Batam-Bintan dan telah operasi dari Tanjung Kasam sampai Gardu Induk Tanjung Uban.

Dalam Sambutannya, General Manager PLN UIP II Batam, Julian Sitanggang mengatakan, pada saat ini PT.PLN (Persero) UIP II sedang melaksanakan pembangunan gardu induk dan tranmisi 150 kV dari Tanjung Uban -Sri Bintan-Air Raja-Kijang.

“Ada pun tujuan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut PT PLN (Persero) UIP II mengajak para stakeholder untuk bersama membantu,mengawal,dan bersinergi dalam pembangunan gardu induk dan transmisi di Pulau Bintan.” Kata Julian.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PLN Batam, Dadan Purnadipura, dalam paparan presentasinya menjelaskan, lokasi proyek pekerjaan pembangunan berada di lokasi Gardu Induk Tanjung Kasam, kabel laut Tanjung Kasam,-Tanjung Sauh, Landing Point Tanjung Sauh, SUUT Tanjung Sauh-Pulau Ngenang-GI Ngenang, SUUT Tanjung Taloh-Tanjung Uban, GI Tanjung Uban, SUUT Tanjung Uban-GI Sri Bintan, SUUT GI Sri Bintan-GI Air Raja, SUTT GI Air Raja-GI Kijang dan GI Kijang.

Jaringan interkoneksi tersebut adalah berupa SKTI,SUIT,SKLT diantaranya yaitu :

1.Pembangunan SKTI 150kV PLTU Tanjung Kasam (ext) ke Landing Point Tanjung Kasam (XLPE underground cable 1kmr.

2.Pembangunan SUTT 150 kV single hawk double circuit  (kap.120MW/sirkit),sepanjang 8,52 kmr dari :
– landing point Tanjung Sauh ke landing point pulau Ngenang 13 tower (2,97kmr,2 cct, ACSR 1×240/40mm2
– landing point  Tanjung Taloh ke Gardu Induk Tanjung Uban  20 tower  (5,55kmr)

3.Pembangunan SKLTT 150 Kv (XLPE submarine cable 300 sqmm Cu conductor with dedicated optical fiber ,2 circuit  sepanjang _+ 8,4 kmr dari :
– landing point Tanjung Kasam ke landing point Tanjung Sauh  3,4 Km
– landing point pulau Ngenang landing point Tanjung Taloh 5 Km

4.Pembangunan SUTT 150 kV :
– T/L 150 kV Sri Bintan – Tanjung Uban  53tower  ( 14,33kmr)
– T/L 150 kV Bintan – Air Raja 116 tower (38,02kmr)
– T/L 150 kV Air Raja-Kijang 65 tower(12,8kmr)

5.Pembangunan Gardu Induk 150 kV ;
GI Ngenang 1x 10MVA,GI Tanjung Uban 2x30MVA,GI Sri Bintan 1x 30 MVA,GI Air Raja 2x30MVA,dan GI Kijang 1x30MVA

Dikesempatan terakhir, Plt.Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri tentunya sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya dari semua pembangunan kelistrikan dan interkoneksi tersebut dan diharapkan masyarakat di pesisir Kepulauan menikmati listrik tersebut. (Oscar)

Top