'

Masyarakat Antusias Sambut Pasar Murah Disperdagin Kota Tanjungpinang

Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, Senin (21/5), resmi membuka Pasar Murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM, Senin (21/5) pagi tadi, resmi membuka Pasar Murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah.

Pasar murah yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, dipusatkan di Komplek Ruko Griya Surya Indah, Blok B, No. 7, Jalan Bandara Baru, Tanjungpinang.

Penjabat Wali Kota, Raja Ariza mengatakan program ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah.

” Pasar murah ini untuk menekan harga bahan pokok yang diperkirakan akan naik saat bulan puasa dan perayaan Indul Fitri. Pasar murah ini diadakan supaya masyarakat mendapat barang-barang dengan harga terjangkau “, kata Penjabat Wali Kota

Ia mengakui, kenaikan harga bahan pokok menjelang puasa dan Lebaran sudah menjadi trend, hal ini, disebabkan karena jumlah permintaan juga semakin meningkat. Ditambah lagi, hampir seluruh komoditas kebutuhan pangan kita, didatangkan dari daerah luar, seperti Jawa dan Sumatera, begitu juga dengan kondisi cuaca dan transportasi yang menjadi pengaruh terhadap kenaikan harga pada sejumlah komoditas di Kota Tanjungpinang.

“ Pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas harga dan pemenuhan kebutuhan bahan pokok masyarakat, salah satunya dengan mengadakan program operasi pasar murah, sehingga diharapkan pasar murah ini bukan sekadar menjamin ketersediaan barang dan mudah dijangkau masyarakat, melainkan berkontribusi pada pengendalian harga. Mudah-mudahan program ini bisa membantu masyarakat “, ucapnya

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Samsudi, S. Sos, mengatakan pasar murah yang diadakan selama lima hari ini akan berlangsung di 11 titik strategi di Kota Tanjungpinang. Namun, pihaknya juga menyiapkan 6000 paket yang tersebar di 18 Kelurahan.

Harga yang ditawarkan dalam pasar murah tentunya berbeda dengan harga yang dijual di pasar, sebab Disperdagin menjual bahan pokok tersebut dengan harga yang telah disubsidi pemerintah.

” Adapun barang-barang kebutuhan pokok yang disediakan pada pasar murah ini adalah gula pasir 3 kilogram, tepung 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan 30 butir telur ayam seharga Rp.76.500 per paket “, terangnya

Untuk tempat pelaksanaan di 11 titik strategis di wilayah Kota Tanjungpinang, yaitu : Kantor Kelurahan Kampung Baru, Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Kantor Camat Tanjungpinang Kota, Kantor Kelurahan Penyengat, Kantor Kelurahan Tanjungpinang Kota, Kantor Dinas Perdagin Kota Tanjungpinang, Kantor Kelurahan Tanjung Unggat, Kantor Kelurahan Dompak, Kantor Kelurahan Batu IX, Kantor Kelurahan Melayu Kota Piring, dan Komplek Ruko Griya Surya Indah, Blok B, No. 7 RT 05/RW 08, Jalan Bandara Baru Kelurahan Pinang Kencana,” tambahnya

Dalam pasar murah ini, Petani lokal yang menjadi binaan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri, turut serta menjual hasil pertanian, berupa cabe merah keriting, cabe hijau, dan sayur-sayuran dengan harga dibawah harga pasar. Khusus beras, Pemko Tanjungpinang dibantu oleh Bulog Sub Divre Tanjungpinang, dengan menjual beras medium dengan harga HET, yakni Rp.9.950/Kg.

Seusai dibuka secara resmi, program pasar murah ini mendapat respon baik dari masyarakat, hal ini terlihat dari antusias masyarakat yang mengantri untuk membeli kebutuhan pokok, seperti gula, minyak goreng, tepung, dan telor untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri. (red/kom).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top