'

KSP YBS Gelar Pelatihan Internal Staf Koperasi Guna Menghadapi MEA

IMG_20160829_112708

Para Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada Saat Acara pelatihan Managemen Koperasi bagi Staf KSP YBS

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada (KSP YBS), menggelar pelatihan Managemen Koperasi bagi Staf KSP YBS, yang dimulai sejak Senin, (22/08) lalu, diaula Kantor KSP YBS, jalan WR. Supratman, No. 8-9, Komplek Biram Dewa, Simpang Lima Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Pelatihan ini direncanakan akan berlangsung selama 15 hari, dengan nara sumber dari pengurus KSP YBS sendiri serta mengundang tenaga ahli dari luar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah seminar, simulasi dan workshop. Kata Agung Widodo, diruang kerjanya, kepada Kepritoday.com, Senin. (29/08).

Ketua Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada, Agung Widodo mengatakan, pelatihan yang kita gelar ini, akan menjadi dasar bagi staff dan anggota koperasi untuk menjadi terampil dan siap diterjunkan ditengah-tengah masyarakat, agar staff dan anggota koperasi mampu menguasai manajemen perkoperasian sebagai modal dasar nantinya memimpin koperasi. Kata Agung.

IMG_20160829_112807

Fiman Nugrajanto, Bendahara KSP YBS

Sementara itu, Fiman Nugrajanto, Bendahara KSP YBS mengatakan, bahwa tujuan diadakannya pelatihan Manajemen Perkoperasian ini adalah untuk membentuk staff dan anggota Koperasi yang terampil, profesional, bertanggung jawab dan mampu bekerja keras, serta mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut yang diselenggaran oleh pemerintah nantinya.

“Pelatihan ini dilaksanakan secara internal bertujuan untuk membentuk staff dan anggota yang trampil, profesional, bertanggung jawab dan bekerja keras serta mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan secara eksternal nantinya,” ujar Fiman

Menurut Fiman, pelatihan ini direncanakan akan berlangsung selama 15 hari dengan nara sumber dari pengurus KSP YBS sendiri serta mengundang tenaga ahli dari luar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah seminar, simulasi dan workshop.

Fiman mengatakan, saat ini KSP YBS telah memiliki anggota sekitar 350 orang yang teridiri dari anggota aktif sebanyak 280 orang, dan sisanya merupakan anggota pasif. Adapun program yang dijalankan saat ini merupakan program simpanan dan program pinjaman.

Program simpanan meliputi, simpanan Saham, simpanan Non Saham, simpanan Investasi (Biram Dewa), simpanan Pelajar (Cogan), simpanan Berjangka (Bertuah), simpanan Ibadah (Amaliyah), simpanan Harian (Cindai) dan simpanan Hari Tua (Lancang Kuning).

Sedangkan program pinjaman diantaranya, pinjaman Produktif, pinjaman Pendidikan, pinjaman Kesehatan, pinjaman Kendaraan Bermotor, pinjaman Perumahan, pinjaman Kapitalisasi dan pinjaman Multiguna.(djoko)

Top