KPP Natuna, Terus Tingkatkan Jumlah Potensi SAR Pertolongan di Atas Permukaan Air

93
pemprov

 

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Kabupaten Natuna memiliki luas wilayah 264.198,37 km2, meliputi luas daratan 2.001,30 km dan lautan 262.197,07 km2.

Di kabupaten Natuna juga terdapat 154 pulau, dengan 27 pulau yang berpenghuni dan 127 pulau tidak berpenghuni. Dua pulau terbesar berpenghuni diantaranya adalah Pulau Bunguran dan Pulau Serasan.

Dengan luas wilayah lautan sekitar 97 persen dan memiliki banyak pulau, maka Natuna dinilai rentan akan kecelakaan transportasi laut.

Akan hal itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna terus berupaya melakukan kegiatan penambahan potensi SAR di atas permukaan air dengan melakukan koordinasi lintas sektor dalam melakukan operasi SAR di wilayah laut Natuna.

Diketahui hingga saat ini, KPP Natuna telah berhasil rekrut sedikitnya 66 orang potensi SAR terdiri dari TNI-POLRI, Intansi Pemerintahan, Ormas, Komunitas,dan Masyarakat. 45 diantaranya sudah memiliki sertifikasi.

Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel S.Sos menjelaskan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan masyarakat serta organisasi potensi SAR merupakan suatu yang sangat strategis.

Dengan demikian menurut Mexi, diperlukan upaya penguatan kapasitas, baik melalui latihan-latihan SAR bersama secara berkesinambungan, mengrekrut Potensi SAR, dan perlunya koordinasi yang optimal, baik sebelum kecelakaan maupun pada kondisi penyelenggaraan operasi SAR.

“Tidak kita pungkiri, kejadian kecelakaan dan bencana di Indonesia terus meningkat, terutama di wilayah perairan laut luas”, ujarnya. Selasa, (27/10/2020).

Lanjut Mexi berharap kepada Potensi SAR, dapat memanfaatkan kemampuan lisensi yang telah diberikan dalam membantu Basarnas melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban.  (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.