MUBA

Kemenag Padang Panjang Kukuhkan Agen Perubahan

banyuasin

PADANG PANJANG, Kepritoday.com – Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tungga menegaskan kepada seluruh jajaran untuk memegang teguh komitmen bersama dalam mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM.

Penegasan itu disampaikan Kepala Kantor saat mengukuhkan agen perubahan dilingkungan Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (24/06/2024).

Dikukuhkan saat apel gabungan, Alizar menyebutkan bahwa dalam era reformasi birokrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan menjadi lebih adaftif, inovatif, responsive, profesional serta berintegritas. “Pemilihan duta Agen Perubahan merupakan langkah awal perbaikan instansi, yang menjadi bagian dari tahapan menuju Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBK-WBBM).

Agen perubahan di Kemenag Padang Panjang, lanjut Kakankemenag diberi tugas sesuai sebagai penggerak dan pembarahu dengan program kerja yang ada, agen perubahan diharapkan mampu menunjukkan integritas. Pun mau melakukan perubahan membangun komitmen bersama, terhadap pelaksanaan sistem kerja dilingkungan kantor.

Alizar menjelaskan pemilihan duta Agen perubahan bertolak pada enam area perubahan sesuai Permenpan 90 Tahun 2021, yakninya Manajemen Perubahan, Penata Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

‘’Enam area perubahan ini tercantum dalam tiga sasaran, yaitu birokrasi yang bersih, birokrasi yang efektif dan efisien, dan birokrasi yang memiiki pelayanan publik berkualitas kedepan (progresif),’’ ujarya.

Walaupun hanya ada lima orang duta agen perubahan yang telah ditetapkan hari ini, Alizar menyatakan bahwa sejatinya seluruh ASN adalah agen perubahan.

“Lima duta Agen perubahan ini sebagai acuan, program PMP ZI tidak mungkin bisa dilakukan tanpa kesungguhan dan komitmen serta kolaborasi semua pihak. Intinya reformasi birokrasi bisa berjalan dengan baik. Pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan maksimal sesuai dengan tupoksi masing-masing aparatur,” paparnya.

Untuk kedepan, Alizar berharap jajarannya memperkuat sinergitas, kolaborasi guna mengevaluasi pencapaian yang sudah dilakukan. “Butuh kesungguhan kita semua untuk menyokong agen perubahan yang bergerak menuju arah yang lebih baik. Agen itu sebagai pelopor, penggerak dan pembaharu,” ulasnya.

Berdasarkan keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Nomor 1054 Tahun 2024 tentang penetapan agen perubahan pada Kankemenag Kota Padang Panjang, memiliki tugas dan kewenangan meliputi : 1. Sebagai Katalis, yaitu dengan memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai tentang pentingnya perubahan unit kerja menuju ke arah yang lebih baik; 2. Sebagai penggerak pembaharuan dengan mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju arah yang lebih baik; 3. Sebagai pemberi solusi dengan memberikan berbagai alternatif penyelesaian kepada semua pegawai atau pimpinan yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan menuju lebih baik;

Selanjutnya, 4. Sebagai mediator dalam membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan membina hubungan antara pihak internal dan eksternal; 5. Sebagai penghubung komunikasi dua arah antara pegawai dengan para pengambil keputusan; dan 6. Mempertangungjawabkan seluruh program-program new inisitif untuk akselerasi Reformasi Birokrasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang.

Adapun nama-nama Duta Agen Perubahan dikukuhkan Kakankemenag berdasarkan unsur pada momentum apel pagi ini diantaranya Emi Ratna Aprilana (unsur Eselon IV), Faasmi Dedi (unsur JFT), Wahyu Salim (unsur KUA), Permata Dewi Andanti (Unsur Pelaksana) dan Syifa Kartiwa dari Usur PPPK.

Pada kesempatan ini juga diserahkan SK Mutasi Jabatan Pelaksana kepada Afdal Zikri dan Sri Murni dari Seksi Bimas Islam ke Seksi PHU, Serta Bunaya dari MTsN Kota Padang Panjang ke KUA Kecamatan Padang Panjang Barat.

Hadir dalam kegiatan ini pejabat, JFT dan JFU ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti apel pagi gabungan dan pengukuhan agen perubahan. (Adi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.