Kegiatan MaTsaMa Cara MTs Tambelan Mengenalkan Lingkungan Sekolah

77

BINTAN, Kepritoday.com – Pergantian tahun ajaran baru memang menyisakan liburan yang sangat panjang. Tapi bagi siswa yang akan naik ke tingkat/jenjang pendidikan selanjutnya, pergantian tahun menjadi salah satu harapan agar bisa masuk ke sekolah yang dianggap favorit. Sementara, masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah berlangsung dan hampir ditutup untuk masing-masing sekolah. Setelah masa PPDB berakhir, tiba saatnya para siswa akan masuk ke sekolah lagi.

Dan bagi peserta didik baru tentunya akan menjalankan masa orientasi di sekolah, kalau jaman dahulu orang menyebutnya Masa Orientasi Siswa (MOS), namun semenjak tahun 2016 lalu pemerintah mengubah nama tersebut menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Nama tersebut diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat tentang seramnya Masa Orientasi di sekolah, karena MOS jaman dahulu identik dengan kegiatan peloncoan siswa, saling mengerjai siswa baru dan lain sebagainya.
Maka dari itu, MTs Tambelan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ini akan mengadakan Kegiatan MaTsaMa (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) yang akan dilaksanakan selama 3 hari, yang di mulai dari tanggal 15 Juli sampai 17 Juli 2019.

Kepala Sekolah MTs Tambelan, Fatahur Ridha, S.Pd.I mengatakan, Kegiatan MaTsaMa ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) atau yang lebih di kenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah akan kita buat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana untuk tahun ini, MTs Tambelan akan mengadakan Kegiatan MaTSaMa selama 3 hari (15 Juli s/d 17 Juli 2019). Ungkapnya.

Ditambahkannya, sebelum melakukan kegiatan MaTsaMa, MTs Tambelan mengawalinya dengan Upacara bendera yang mana di dalam Upacara tersebut dibacakan juga Laporan Penerimaan Peserta Didik Baru oleh Reni Rahayu, S.Pd.I selaku Ketua PPDB, yang mana pada Tahun Ajaran 2019-2020 di MTs Tambelan ini, ada 15 orang Siswa/siswi baru yang mendaftar.

“Sebelum melakukan kegiatan MaTsaMa, MTs Tambelan mengawalinya dengan Upacara bendera dan dibacakan juga Laporan Penerimaan Peserta Didik Baru, yang mana pada Tahun Ajaran 2019-2020 ini, ada sebanyak 15 orang Siswa/siswi baru yang mendaftar di MTs Tambelan dan dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama yang dibimbing oleh Yuliarman, S.Pd.SD, kemudian, baru dilanjutkan dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah yang dibimbing oleh Sariti, A, Ma.Pi selaku Pembina OSIS.” Jelasnya. (Djo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.