Kapolda Kepri Pimpin Sidang Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara Polri Polda Kepri TA. 2016

Sambutan Kapolda Kepri, Brigjend Pol. Drs.Sam Budigusdian MH

Sambutan Kapolda Kepri, Brigjend Pol. Drs.Sam Budigusdian MH

BATAM, Kepritoday.com – Sidang Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara Polri Polda Kepri TA. 2016 di laksanakan di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri, pada hari ini, jumat, tanggal 5 Agustus 2016, pukul 09.30 wib, sampai dengan 10.30 wib, dipimpin oleh Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH.

Sidang Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara Polri, Polda Kepri TA 2016 ini, dihadiri oleh Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri, Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Kepala Dinas Perindustrian, perdagangan dan ESDM Kota Batam, Ketua IDI Kota Batam, Ketua HIMPSI Kota Batam, Rektor Universitas Batam, Ketua LSM FKPM Kepulauan Riau, Peserta seleksi Calon Bintara Polri, beserta Orang Tua, serta seluruh Ketua Tim seleksi dan Panitita.

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, menyampaikan, pada tahun 2016 ini, animo peserta pendaftar seleksi penerimaan Bintara Polri di Polda Kepri, berjumlah 1.790 orang, yang terdiri atas 1.684 orang, calon Bintara Polri tugas umum, dan 106 orang calon Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu.

Para peserta kelulusan calon bintara polri

Para Peserta Kelulusan Calon bintara Polri

Pencapaian angka tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan Polda Kepri, dalam upaya sosialisasi guna menjaring calon anggota Polri, khususnya Bintara Polri sebanyak-banyaknya,  sehingga, diharapkan dapat menciptakan suatu kondisi persaingan yang sehat dan kompetitif antar perserta, yang pada akhirnya akan mampu menghasilkan calon-calon Bintara Polri yang unggul dan bermutu serta akan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau nantinya.

Proses seleksi terhadap 1.790 Calon Bintara Polri T.A. 2016 ini, telah dilakukan dengan mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis), sehingga pada setiap item seleksi panitia daerah selalu menggandeng para pengawas, baik lingkup internal maupun lingkup eksternal.

Proses seleksi diatas tidak semata-mata hanya dilaksanakan guna memenuhi kuantitas kuota semata, namun juga lebih mengedepankan kualitas dari para peserta, terbukti dengan setelah dilaksanakan kegiatan seleksi dari awal sampai dengan tingkat kelulusan akhir saat ini, diperoleh calon peserta yang berhak untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan di Pusdik / SPN yang telah ditetapkan oleh Mabes Polri.

Suasana persidangan kelulusan di gedung lancang kuning polda kepri

Suasana Persidangan Kelulusan di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri

Adapun pendidikan yang diikuti para peserta, dengan rincian 77 orang Bintara tugas umum, yang akan dididik di SPN Polda Kepri, 2 orang, Bintara Polair yang akan dididik di Pusdik Polair Pondok Dayung Jakarta, 11 orang Bintara Polwan yang akan dididik di Sepolwan Jakarta, dan 3 orang Bintara Polri, khusus penyidik pembantu, yang nantinya akan dididik di SPN Polda Metro Jaya.

Pencapaian tersebut telah melalui proses seleksi yang Objektif dan Transparan sehingga diperoleh Sumber Daya Manusia calon Brigadir Polri yang berkualitas, dan bukan hanya sekedar untuk memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh Mabes Polri.

Di Informasikan kepada para hadirin dan segenap peserta yang hadir dalam sidang kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri T.A. 2016 ini. Dalam rangka mengawal pelaksanaan seleksi yang Objektif dengan dilandasi azaz “BETAH” Polda Kepri telah melakukan langkah-langkah guna menjaga Objektifitas hasil seleksi yaitu, melalui sistem One Day Service pada item seleksi tertentu dan pelibatan pengawasan Eksternal pada setiap item seleksi, sehingga setiap hasil seleksi terpantau dan termonitor oleh LSM / Pengawas Eksternal.

Selanjutnya untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang mengambil keuntungan pribadi dalam kegiatan Rekruitmen ini, Polda Kepri telah melakukan suatu terobosan melalui Himbauan /ajakan untuk mewaspadai terhadap hal-hal yang dapat merugikan para orang tua / wali maupun peserta.

Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, pada kesempatan ini menyampaikan beberapa yang menjadi perhatian dan penekanan antara lain :

Pertama, bagi para peserta yang dinyatakan lulus pada sidang kelulusan sementara ini agar tetap menjaga kondisi fisik dan mental, dan persiapkan diri saudara untuk mengikuti pendidikan pembentukan dasar Polri di Lembaga Pendidikan yang telah ditunjuk oleh Mabes Polri. Saudara jangan terbuai dan Bereforia dengan Kelulusan yang hari ini saudara capai, karena kelulusan ini bukan merupakan Akhir dari perjuangan saudara, hal ini baru merupakan langkah awal perjalanan karir anda memasuki dunia kepolisian.

Kedua, tetap jaga nama baik Polda Kepri, selama saudara mengikuti Pendidikan Pembentukan di Lembaga Pendidikan Polri. (Andri/Oscar)

Top