'

Dewan Usulkan Nurdin Jadi Gubernur Definitif

Jumaga Nadeak

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak.

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Pengusulan Plt. Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, M.Si menjadi Gubernur Definitif. Rapat dilaksanakan, Selasa (10/05) di Ruang Rapat Sidang Utama DPRD, Dompak, Tanjungpinang.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak.

Pengusulan ini Sendiri sebagai bentuk tindak lanjut setelah sebelumnya dilakukan sidang paripurna Dewan yang menyatakan Gubernur Kepri H. Muhammad Sani berhalangan tetap, lalu diberhentikan dengan hormat. Dan penghentian Gubernur itu tertuang dalam surat Keputusan No: 2/160/Peng/IV/2016. Atas dasar SK tersebut pulalah kemudian Nurdin Basirun ditetapkan menjadi Plt. Gubernur Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Jumaga mengatakan bahwa Kepri saat ini telah ditinggal sosok pemimpin yang memiliki kontribusi yang besar dalam pembangunan di daerah ini. Dan demi melanjutkan roda pemerintahan tersebut maka mekanisme yang seharusnya dilakukan sudah berjalan, yakni mulai penetapan Gubernur berhalangan tetap, sampai kemudian pengangkatan Nurdin Basirun wakilnya sebagai Plt. Gubernur.

” Untuk menjaga kesinambungan jalannya roda pemerintahan, hari ini selasa 10 Mei 2016 kami dari DRPD Provinsi Kepri mengusulkan pengangkatan Plt. Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menjadi Gubernur Kepri yang definitif.” Kata Jumaga dan disetujui oleh seluruh anggota DPRD yang hadir lainnya.

Wakil Ketua DPRD, Husnizar Hood bertindak membacakan surat keputusan No: 16 Tahun 2016 Yang berisikan tentang pengusulan pengangkatan Plt. Gubernur menjadi Gubernur Kepulauan Riau.

Hadir pada kesempatan ini hampir seluruh jajaran DPRD, juga SKPD dan FKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Diakhir sidang, jumaga menambahkan, akan segera melengkapai berkas terkait pengusulan pengangkatan Plt. Gubernur menjadi Gubernur Kepulauan Riau agar secepatnya di kirimkan ke Presiden untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Plt. Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa akan terus melanjutkan pembangunan disisa masa jabatan sebagai Gubernur nanti, ketika disinggung terkait siapa yang akan menjadi wakilnya, Nurdin dengan tenang menjawab akan mengikuti aturannya saja.

“Kita ikuti mekanisme yang ada terkait hal itu, yang jelas wakil nanti adalah orang yang mau bekerjasama dalam membangun Kepri,” ujar Nurdin. (djo/hum)

 

Top