pemko pinang

Buka Acara Penyuluhan Gema Cermat Kota Tanjungpinang, Walikota : “Masyarakat Harus Cerdas Menggunakan Obat”

21

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menggelar Penyuluhan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) Bagi Kelompok Masyarakat dan Organisasi se-Kota Tanjungpinang di Aula SMK Negeri 1 Tanjungpinang, Rabu (4/12) pagi.

Laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, mengatakan Gema Cermat adalah Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, yang berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/MENKES/427/2015. “Gema Cermat merupakan upaya bersama Pememerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka menggunakan obat secara tepat dan benar, termasuk cara memilih, memperoleh, menyimpan dan membuang obat secara benar di rumah tangga,” ucap Rustam.

Lanjut Rustam, adapun salah satu tujuan Gema Cermat adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta kemandirian masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Masyarakat dan Organisasi dari kelurahan se-Kota Tanjungpinang yang berjumlah 198 orang peserta.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya mengatakan sampai saat ini masih dijumpai berbagai masalah dalam penggunaan obat diantaranya kurangnya pemahaman tentang penggunaan obat yang tepat dan rasional, penggunaan obat secara bebas dan berlebihan serta kurangnya pemahaman tentang obat, dan persepsi yang salah pada masyarakat dan banyaknya yang membeli antibiotik secara bebas sering menyebabkan terjadinya masalah resistensi antibiotik.

“Berdasarkan fakta yang ada, maka perlu dilakukan upaya kesehatan berbasis masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang salah satunya melalui kegiatan Gema Cermat, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kemandirian serta perubahan perilaku masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara benar dan penggunaan obat secara rasional, untuk itu saya harapkan masyarakat harus cerdas dalam penggunaan obat,” lanjutnya.

Diahir sambutannya Syahrul berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan menjadi jaringan informasi dan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kota Tanjungpinang, sehingga timbul kepedulian, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam hal penggunaan obat, dari itu semua, kepada tenaga Apoteker agar dapat meningkatkan peran aktif pada pelayanan kefarmasian guna memberikan informasi dan edukasi bagi masyarakat Kota Tanjungpinang khususnya.

Dalam acara turut dihadiri, Kepala LOKA POM Kota Tanjungpinang, Mardianto, S.Farm., Apt, Kepala OPD, Camat/Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, peserta penyuluhan, dan para undangan yang hadir. (red/hm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.