Bobby Jayanto Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Rasis

254
Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Alie. (Foto Istimewa)

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Kasus ujaran rasis yang dilontarkan ketua DPD Nasdem Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto memasuki babak baru.

Hari ini status orang nomor satu Partai Nasdem Kota Tanjungpinang yang juga anggota DPRD Kepri terpilih tersebut, di tingkatkan menjadi tersangka setelah sebelumnya hanya berstatus saksi.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Alie menuturkan, setelah melalui tahapan pemeriksaan sejumlah saksi dan juga gelar perkara pihak penyidik berkeyakinan penuh, untuk meningkatkan status Bobby Jayanto menjadi tersangka, dugaan kasus ujaran rasis yang dilontarkan pada acara sembahyang keselamatan laut di pelantar ll Tanjungpinang beberapa waktu silam.

“Kita sudah berkeyakinan untuk meningkatkan status saudara Bobby Jayanto sebagai tersangka setelah 2 alat bukti sudah lengkap untuk di proses lebih lanjut,” Ucap Alie, Kamis (22/8/19).

Ia menjelaskan dari 17 saksi diantaranya, 3 orang saksi ahli, penyidik menyimpulkan bahwa ucapan Bobby Jayanto diduga mengandung bahasa yang rasis.

“Saudara Bobby disangkakan telah melanggar 16 Junto pasal 4 ayat 2 huruf B undang-undang nomor 40 tahun 2018 tentang penghapusan diskriminasi ras,” Ucapnya.

Untuk ancaman penjara sendiri Efendri menyebut sesuai pasal yang disangkakan, Bobby Jayanto terancam hukuman penjara selama 5 tahun.

Efendri juga menyebut, secepat mungkin pihaknya akan memanggil saudara Bobby Jayanto untuk dimintai keterangan, sesuai dengan status saat ini yakni tersangka.

“Segera kita panggil untuk kita periksa lebih intensif lagi sebagai tersangka,” Ucapnya.

(Djo/Dan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.