UNIVERSITAS UNIVERSAL (UVERS) RESMIKAN GALERI INVESTASI BURSA EFEK INDONESIA

Press konferensi gallery investasi Bursa Efek Indonesia di Universitas Universal Sei Panas Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Perkembangan perekonomian Indonesia dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satu faktor yang mempengaruhui adalah keberadaan pasar modal. Oleh karena itu, penyebaran informasi dan pengetahuan tentang pasar modal sangat diperlukan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya investasi saham sejak dini.

Sebagai salah satu universitas yang berkomitmen untuk membantu pembangunan ekonomi nasional, Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi Manajemen mendirikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Universal  (GI BEI UVERS).

GI BEI UVERS diselenggarakan atas kerjasama antara Universitas Universal (UVERS), Bursa Efek Indonesia, dan PT. Kresna Sekuritas. Galeri Investasi tersebut berkonsep 3 in 1, yaitu kerjasama antara Bursa Efek Indonesia, Perguruan Tinggi, dan Perusahaan Sekuritas. Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, GI BEI UVERS ditujukan untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Dari sisi pendidikan, Pendirian GI BEI UVERS bertujuan agar para dosen dan mahasiswa tidak hanya mengenal pasar modal secara teori, namun juga secara praktik. Dengan menyediakan data aktivitas perdagangan saham secara real time, dosen dan mahasiswa dapat melakukan analisa pasar modal demi kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu.

Sebagai satu-satunya universitas swasta di Kota Batam yang memiliki Galeri Investasi, Universitas Universal (UVERS) juga melakukan pengabdian pada masyarakat melalui GI BEI UVERS untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal bagi industri pasar modal. Lebih jauh, GI BEI UVERS juga dibuka untuk melayani masyarakat umum dengan harapan agar masyarakat umum dan masyarakat kampus dapat secara aktif melakukan investasi saham. Tidak hanya itu, masyarakat juga akan dibekali dengan pengetahuan analisis saham terkait perkembangan tren ekonomi, bisnis, dan keamanan yang akan mempengaruhi dinamika pergerakan saham. Universitas Universal (UVERS) juga berkomitmen untuk memberikan edukasi demi melindungi masyarakat dari ketidaktahuannya dalam investasi saham.

Setelah diresmikan pada Selasa (18/7) GI BEI UVERS akan menjalankan berbagai kegiatan untuk membangun pengetahuan tentang pasar saham, diantaranya :

Pertama, Menjadi pusat informasi dan referensi data untuk sekitar 500 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kedua, Mengadakan Workshop Pasar Modal dan Sekolah   Pasar Modal   (SPM) melalui kolaborasi dengan Bursa Efek   Indonesia dan perusahaan   sekuritas  (PT. Kresna Sekuritas).

Ketiga, Mengadakan Kursus Pasar Modal sebagai program lanjutan dari Sekolah pasar Modal (SPM) yang terdiri dari Wakil Perantara  Pedagang Efek (WPPE), Wakil Penjamin Emisi   Efek   (WPEE)   dan   Wakil   Manajer   Investasi  (WMI)   yang   mendapatkan Sertifikasi Nasional melalui Ujian Standar Profesi Pasar Modal (USP).

Ke-empat, Menyelenggarakan Seminar Pasar Modal untuk civitas akademika dan umum.

Kelima, Mengirim Asisten Laboratorium Pasar Modal dan mahasiswa yang berminat setiap semester untuk mengikuti pelatihan langsung di Bursa Efek Indonesia dan PT. Kresna Sekuritas.

Ke-enam, Mengadakan company visit  ke Bursa  Efek Indonesia dan studi  banding ke   Pojok Bursa Perguruan Tinggi lain yang berhasil dalam membina edukasi dan investasi di Pasar Modal.

Ketujuh, Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktek kerja/magang/training pada Bursa Efek Indonesia dan PT. Kresna Sekuritas.

Kedelapan, Melibatkan mahasiswa secara aktif untuk membantu pengembangan Galeri Investasi Universitas Universal, terutama asisten laboratorium Pasar Modal.

Dan kesembilan, Mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kompetisi Pasar Modal. (Andri/Oscar).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.