Ucok Lasdin, Sosok Polisi Yang Mengayomi Masyarakat

52

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjungpinang melakukan silaturahmi bersama Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi di ruangan kerjanya, Senin (16/9).

Kunjungan itu dilakukan sebelum Kapolres Tanjungpinang pindah tugas dalam jabatan baru ke Polda Kepri.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Ketua IWO Tanjungpinang Iskandar Syah, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada AKBP Ucok Lasdin Silalahi atas kinerja yang luar biasa selama memimpin Polres Tanjungpinang.

“IWO Tanjungpinang sebagai organisasi profesi wartawan yang juga merupakan bagian dari masyarakat sangat mengapresiasi kinerja Pak Ucok selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan memimpin Polres Tanjungpinang,” katanya.

Iskandar menilai sosok Ucok mampu memberikan pengabdian terbaik sebagai seorang polisi yang mengayomi masyarakat, humanis dan promoter.

Warga Tanjungpinang, lanjutnya, benar-benar merasakan sosok polisi yang benar-benar dekat dengan lapisan masyarakat.

Iskandar berharap akan muncul Ucok-Ucok lainnya di tengah-tengah masyarakat Kota Tanjungpinang.

Awal mula AKBP Ucok Lasdin Silalahi menjabat langsung melakukan aksi bersih-bersih di area Mapolres Tanjungpinang. Ia juga tidak sungkan berjibaku bersama jajarannya untuk membersihkan sampah dan kotoran.

Selain itu, lanjut Iskandar, Ucok juga tidak sungkan turun langsung ke lokasi banjir yang berada di depan SPBU kilometer 7 Tanjungpinang berseragam lengkap untuk mengatasi banjir beberapa waktu lalu.

“Saat itu sempat viral, dan beliau rela seragamnya basah sambil memegang cangkul menangani banjir saat itu,” katanya.

Ucok juga dinilai tanggap terhadap laporan masyarakat yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan orang banyak.

“Dari permasalahan ranting pohon yang patah menyebabkan lalu lintas terganggu, hingga turun ke drainase, bahkan terjadi musibah hanyutnya seorang anak akibat hujan lebat, ia ikut membantu,” terangnya.

Kepindahan Ucok akan menjadi rindu tersendiri bagi masyarakat Tanjungpinang. Bahkan tidak sedikit warga mengatakan Kapolres Tanjungpinang Rasa Wali Kota.

“Kalaupun nanti Pak Ucok sudah bertugas di Polda Kepri, kami berharap silaturahmi ini tidak terputus,” tutup Iskandar.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan sumbangsih IWO Tanjungpinang yang telah mampu bersinergi dalam memberikan informasi.

“Saya menyadari kalau kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh kepolisian itu, khususnya Polres Tanjungpinang harus sampai kepada masyarakat. Dalam kapasitas menyampaikan program dan kegiatan hingga pelaksanaannya agar sampai kepada masyarakat, saya menyadari bahwa kami tidak bisa berjalan sendiri. Dalam kesempatan pertama saya sebagai Kapolres, saya langsung merangkul wartawan,” papar Ucok.

Dia juga menyampaikan kesan pertamanya saat mulai bertugas di Kota Tanjungpinang.

Menurutnya Tanjungpinang yang merupakan Ibukota Provinsi Kepri memiliki tantangan dan dinamika tersendiri.

“Saat itu, dalam pikiran saya sudah tergambar tantangan tugas. Bagaimana program-program pemerintah, mulai dari pemerintah pusat, provinsi dan kota itu bisa sejalan dengan tujuan pembangunan nasional. Nah, di mana posisi polisi, di situ saya menempatkan diri dengan segera agar keberadaan polisi bisa mendukung kemajuan Kota Tanjungpinang,” tutur Ucok.

Dia juga menyadari bahwa sinergitas yang baik antara pihaknya dengan pemerintah provinsi, pemerintah kota, TNI, Ormas, Wartawan, Pemangku Adat, Pemuka Agama, komunitas-komunitas, mahasiswa serta seluruh lapisan masyarakat menjadi modal penting untuk mendukung suksesnya tugas-tugas Kamtibmas.

“Terima kasih untuk sinergitas yang sangat luar biasa yang sudah kita bangun bersama. Terima Kasih saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang yang telah membantu kerja polisi selama saya menjabat sebagai Kapolres,” tutup Ucok yang juga pernah menjabat Kapolres Lingga.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.