Terima Signal Distress, KPP Natuna Tingkatkan Siaga

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna melakukan pemantauan tehadap signal distress (Signal Tanda Bahaya) yang di pancarkan oleh sebuah kapal berbendera Kepulauan Marshal di daerah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kapal tersebut lebih tepatnya Pada Posisi 03°43.7’N – 106°17.1’E dengan heading 5° berjarak ± 30 Nm dari Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas.

Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel mengatakan, sebelumnya signal tanda bahaya itu tertangkap oleh MEOLUT (Medium Earth Orbit Local User Terminal) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) pusat dan di teruskan ke KPP Natuna untuk dilakukan tindakan lebih lanjut

“Menindak lanjuti Info tersebut KPP Natuna segera melakukan Kordinasi Ke Stasiun Radio Pantai (SROP) Kijang melalui E-mail untuk melakukan pemapelan ( Maklumat Pelayaran ) terhadap Kapal – kapal Yang melintasi daerah tersebut dapat memberikan bantuan SAR apabila di perlukan”, ujar Mexi. Rabu, (17/02/2021).

Dalam hal ini KPP Natuna juga berkordinasi ke SROP Anambas untuk mencoba memanggil kapal tersebut menggunakan Radio milik SROP Anambas, namun belum tersambung.

Dengan demikian Mexianus menghimbau kepada Seluruh Personil KPP Natuna beserta jajarannya untuk senantiasa siaga apabila sewaktu-waktu kondisi tersebut berubah menjadi hal yang tidak diinginkan.

“Dengan adanya kejadian ini, saya telah memerintahkan kepada petugas jaga untuk selalu melakukan pemantauan dan kordinasi terkait perkembangan info dari kapal tersebut”, pungkasnya. (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.