Siswandi : “Soal Tower Khusus itu Akan Tetap Kita Usulkan di APBD ataupun APBN 2020”

261

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Menanggapi harapan  Diskominfo Natuna agar dibangunnya sebuah tower khusus di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat dalam menuntaskan krisis jaringan internet di Kecamatan Midai, Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Wan Siswandi S.Sos mengatakan, pihaknya akan tetap mengusulkan pembangunan itu melalui anggaran APBD maupun APBN pada tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Siswandi kepada media ini diruang kerjanya pada Jum’at, (22/11/2019 pagi.

Di akui Siswandi, sarana komunikasi masyarakat dinilai penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di era digital seperti saat ini menurutnya, hampir semua kebutuhan layanan masyarakat sudah berbasiskan aplikasi internet.

“Usulannya seperti apa dan berapa jumlah kemampuannya, kalau memang APBD kita mampu, ya akan tetap kita bangun, kalau tidak mampu akan coba usulkan di APBN, karena itu kan sarana komunikasi masyarakat sangat penting”, ujarnya.

Lanjut Siswandi, Pemerintah Kabupaten Natuna juga berencana akan menyurati pusat terkait dengan kebutuhan masyarakat Kecamatan Midai soal tower khusus itu.

Dengan demikian Ia berharap, masyarakat Kecamatan Midai khususnya untuk selalu bersabar hingga terealisasinya usulan pembangunan tower tersebut melalui anggaran APBD ataupun melalui anggaran APBN pada tahun 2020 mendatang.

“Karena kalau kita liat APBD kita ini kan terbatas juga, tapi kalau memang itu dianggap penting, ya tetap tidak ada salahnya. Mohon bersabar lah, pelan-pelan akan kita usahakan agar semuanya terealisasi”, pungkasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Kepala Diskominfo Natuna Raja Darmika  kepada kepritoday.com melalui sambungan selulernya mengatakan, jaringan internet wilayah Kecamatan Midai saat ini diakuinya masih menggunakan satelit.

Dengan demikian, jaringan internet cepat (4G) belum dapat terakses oleh masyarakat Kecamatan Midai.

Contoh Pemetaan Penghubungan Jaringan Internet Melalui Radio Link dari Sedanau ke Kecamatan Midai

Agar dapat memperkuat jaringan internet di Kecamatan Midai kata Darmika, solusinya ialah dengan membangun sebuah tower khusus di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat. Tower tersebut nantinya akan dihubungkan ke Arah Kecamatan Midai melalui Radio Link.

Diketahui pihak Telkomsel sebelumnya juga telah melakukan uji coba menghubungkan Tower yang ada Pulau Lagong Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga menggunakan Radio Link.

Namun uji coba tersebut tidak membuahkan hasil dikarenakan terhalang oleh perbukitan, sehingga tidak dapat menembus wilayah Kecamatan Midai. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.