Dispora

Rahma: Lomba Bercerita sebagai Ajang Giatkan Literasi

45
pemprov

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang telah menggelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Tanjungpinang secara virtual beberapa waktu lalu. Para pemenangpun telah diperoleh dan diserahkan hadiah oleh Plt. Walikota Tanjungpinang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bulang Linggi, Senin (6/7/2020).

Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP berkesempatan untuk menutup secara resmi kegiatan tersebut dan menyerahkan hadiah kepada pemenang. Dalam sambutannya menyampaikan lomba bercerita ini merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak.

“Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjungpinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah,” ungkapnya.

Rahma juga menjelaskan saat ini pemerintah telah melakukan berbagai program untuk menyalurkan kreativitas anak dan sebagai wujud kepedulian sosial dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Layak Anak.

“Untuk itu, kepada pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan orang tua mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita. Arahkan ke hal yang positif, apalagi untuk membiasakan membaca buku dan membatasi penggunaan gadget,” lanjutnya.

Meskipun dilaksanakan secara virtual atau daring, Rahma sangat mengapresiasi para peserta yang telah berpartisipasi dengan sangat luar biasa.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga kepada para peserta yang telah mengikuti lomba secara virtual atau daring, tujuannya agar kreatifitas serta imajinasi anak didik tidak melemah, dengan tetap belajar di rumah dapat berprestasi dengan baik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya gemar membaca, menambah wawasan mengenai cerita rakyat dan mengembangkan serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dalam seni bercerita.

Wan Samsi menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berjenjang untuk mempersiapkan duta Kota Tanjungpinang di perlombaan tingkat Provinsi. Pelaksanaan lomba juga diubah sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan.

“Saya mengajak kita semua untuk bertekad mendudukkan Duta Bercerita Kota Tanjungpinang sebagai Juara 1 di perlombaan tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Lomba Bercerita ini diubahsuai dari sistem sebelumnya dan harus mematuhi protokol kesehatan serta dilaksanakan secara virtual atau daring,” ungkapnya.

Sebagai juara 1 yaitu Assyifa Sauqiyatul Hidayah, Juara 2 Divana Zahra Khairunisya, Juara 3 Afika Nurbaiti, Harapan 1 Thalita Nurul Syakirah, Harapan 2 Yin Faiqah dan Harapan 3 Adisya Kayla Fahzhira. (red/hm)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.