BPBD

Pemko Tanjungpinang Gelar Upacara Peringatan ke-71 Hari Bela Negara

11

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Memperingati Hari Bela Negara, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Kamis (19/12) Pagi. Upacara Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 ini mengusung tema “Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat”.

Bertindak selaku pembina upacara Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dan ia juga membacakan amanat tertulis Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksamana Madya TNI Achmad Djamaludin.

Dalam amanatnya, Syahrul mengatakan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya oleh karenanya bukan hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tetapi juga membutuhkan peran dari seluruh komponen untuk bersinergi demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

“Tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya, sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat, dengan demikian tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Syahrul juga mengatakan pada tahun 2018, Presiden Republik Indonesia telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia.

Syahrul juga menambahkan tanpa adanya sikap dan perilaku bela negara maka pengelolaan negeri yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah tidak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh pendahulu bangsa.

“Tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa, maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dan beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap negara yang dijamin oleh undang-undang,” tambah Syahrul.

Diakhir amanatnya, Syahrul menyampaikan harapan agar Aksi Nasional Bela Negara dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat.

“Kedepannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematis dan masif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya,” harapnya.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara tersebut diikuti juga oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan ASN serta PTT se-Kota Tanjungpinang.(red/hm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.