banyuasin

Pemkab Muba dorong Bukit Pendape menjadi Wisata Alam

13

SUMSEL (MUBA), Kepritoday.com – Bukit Pendape yang terletak di Dusun IV Jebang Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh merupakan wisata alam yang potensial di Kabupaten Musi Banyuasin.

Dengan ketinggian 1.760 meter dari permukaan laut (MDPL) menjadikan bukit ini sebagai tempat yang tertinggi di Muba.

Hari Minggu (25/1/2020), Wakil Bupati Muba Beni Hernedi bersama Anggota DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Frederika selaku Wakil Ketua TP PKK Muba, PT Musi Hutan Persada, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Benakat, Camat Sungai Keruh dan Mahasiswa pecinta alam, berkunjung langsung dan mendaki bukit tersebut.

Wabup Muba ini mengatakan selain menikmati tempat wisata, dan melakukan penanaman pohon, tujuannya datang ketempat tersebut, untuk menyusun rencana kemitraan kehutanan bersama MHP, KPH Benakat, dan juga masyarakat setempat.

“Kami bersama Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan jajaran Pemkab Muba akan mendorong bukit pendape menjadi obyek wisata alam di Musi Banyuasin dan kami juga berterimakasih kepada berbagai pihak yang telah berinisiatif untuk menjadikan Bukit ini sebagai objek wisata alam di Musi Banyuasin.” ujar Beni Hernedi.

Ia mengungkapkan untuk pembangunan infrastruktur penunjang kedepan Pemkab Muba akan berkoordinasi dengan pihak terkait karena wilayah itu masuk dalam kawasan hutan.

“Untuk akses transportasi kurang lebih ada 10 KM dari jalan perusahaan perkebunan memang dengan keadaan kurang baik. Tapi kita sudah bicarakan dengan MHP dan KPH, serta didukung perusahaan sekitar untuk menyusun rencana pemanfaatan termasuk penyiapan infrastruktur jalan,” ungkapnya.

Selain itu, Beni menghimbau kepada masyarakat yang berada didaerah atau lingkungan bukit Pendape untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan menghentikan praktek-praktek ilegal logging atau penebangan kayu secara liar.

“Ujungnya apa yang akan kita lakukan kedepan bagaimana ini bisa dinikmati dan sekaligus menjaga kelestarian hutan bukit dapat terjaga, serta masyarakat muba mendapat penghasilan dari keberadaan Bukit Pendape,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala UPTD KPH Wilayah 12 Benakat Neneng menyampaikan bahwa masyarkat sekitar punya keinginan mengelola kawasan hutan menjadi wisata alam, untuk itu pihaknya telah bersinergi dan memohon dukungan Pemkab Muba untuk mewujudkan keinginan masyarakat yang kedepannya mempunyai legalitas mengelola hutan yang diakui oleh Negara.

“Himbauan kami sama seperti Pak Wabup Muba agar masyarakat sekitar bisa menjaga kelestarian hutan disni. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama bisa tercapai,” serunya. (RH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.