MTs Tambelan Jadi Tuan Rumah Kegiatan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan

68

BINTAN, Kepritoday.com – Untuk yang pertama kalinya, MTs Tambelan mendapatkan kesempatan dan kunjungan Rombongan dari MKKM (Musyawarah Kerja Kepala Madrasah) dan guru-guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) MTs Se-Kabupaten Bintan, Sabtu. (10/10/2020).

Awalnya, kunjungan rombongan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan ini dijadwalkan pada bulan Mei 2020 lalu, karena ada beberapa kendala yang tidak memungkinkan, jadi kedatangan rombongan MKKM dan MGMP MTs-Se Kabupaten Bintan ini tertunda. Ujar Fatahur Ridha, Kepala Sekolah MTs Tambelan.

“Rombongan MKKM dan MGMP MTs-Se Kabupaten Bintan, yang semula dijadwalkan bulan Mei 2020 lalu sempat tertunda, dikarenakan beberapa kendala yang tidak memungkinkan, sehingga kedatangan rombongan jadi tertunda.” Jelasnya.

Dijelaskan Fatahur Ridha, rombongan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan ini, baru bisa berangkat dari Tanjung Pinang pada tanggal 06 Oktober 2020 dan tiba di Tambelan pada tanggal 07 Oktober 2020.

“Begitu tiba di Pelabuhan Tambelan, rombongan disambut dengan alunan musik kompang dan diarak dengan mobil Kecamatan menuju Rumah Adat Tambelan untuk disambut dengan adat istiadat Masyarakat Tambelan/adat bumi Melayu ketika menerima tamu rombongan dan dalam penyambutan juga dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah.” Terangnya.

Dijelaskan Fatahur Ridha, kedatangan rombongan, disambut dengan Tabur Beras Kuning dan Pengalungan Bunga Kepada Dra. Mei Yana Ayu Ketua MKKM MTs Se-Kabupaten Bintan, dan Sujarno S. Sos, Sekretaris. Dalam penyambutan juga dipersembahkan Tari Persembahan oleh pelajar MTs Tambelan dan Tepuk Tepung Tawar sebagai sebuah doa agar para rombongan diberikan keselamatan serta dijauhkan dari hal-hal yang tidak di inginkan selama para rombongan berada di Tambelan. Ungkapnya.

“Ini merupakan sejarah bagi kami, karena untuk yang pertama kalinya semenjak MTs Tambelan berdiri dari tahun 1952, momen seperti inilah yang baru dapat kami rasakan untuk tahun ini, dimana untuk yang pertama kalinya MTs Tambelan menjadi Tuan Rumah bagi Kegiatan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan.” Katanya.

Dengan adanya kegiatan ini, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi sekolah kami karena, pada kegiatan ini dimana kami bisa menjadi tuan rumah dan kami juga bisa menimba ilmu serta informasi tentang dunia pendidikan yang biasanya kami tertinggal jauh sekali dikarenakan letak geografis kami yang jauh serta kurang mendukungnya signal Internet di Kecamatan Tambelan ini. Ucap Kepala Sekolah MTs Tambelan, H. Fatahur Ridha, SPd.I.

Kegiatan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan ini dilaksanakan pada tanggal 08 Oktober 2020 pada pukul 09.00 yang dilaksanakan di Sekolah MTs Tambelan. Sebelum memulai kegiatan, sekira pukul 06.00 para rombongan MKKM dan MGMP MTs Se-Kabupaten Bintan melakukan Gerak Jalan Santai yang dimulai dari Rumah Adat Tambelan berjalan kaki menuju sekolah MTs Tambelan untuk melakukan Senam Pagi, karena cuaca yang tidak mendukung maka Kegiatan Senam Pagi tidak jadi dilaksanakan.

Pelaksanaan MKKM dan MGMP dilanjutkan pukul 10.00 pagi di sekolah MTs Tambelan yang mana di isi dengan kegiatan Pelatihan-pelatihan tentang Dunia Pendidikan, berbagi informasi, berbagi Ilmu serta pengetahuan antar sesama Guru MTs Se-Kabupaten Bintan dan Pelatihan tentang Administrasi Sekolah yang baik sehingga bagaimana bisa mencapai sebuah tujuan yang diharapkan dari Kantor Kementerian Agama yaitu menjadi Sebuah Madrasah Hebat Bermartabat dan Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.

“Walaupun sekolah berstatus swasta dan kurangnya kepedulian kepada dunia pendidikan Islam, tapi pelatihan-pelatihan tersebut sebenarnya sangat kami harapkan karena jarang sekali bagi sekolah MTs Tambelan mendapatkan pelatihan-pelatihan seperti ini.” Jelasnya lagi.

Pihak MTs Tambelan berharap untuk kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini agar bisa terus dijadwalkan di sekolah MTs Tambelan mengingat sangat pentingnya kegiatan-kegiatan seperti ini agar sekolah MTs Tambelan juga tidak ketinggalan didalam berbagai informasi, tentang bagaimana menerapkan sistem metode pengajaran yang baik, cara membuat RPP, menyelesaikan permasalahan sekolah dan lain sebagainya yang menyangkut masalah pendidikan.

Kami atas nama sekolah MTs Tambelan mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Camat Tambelan, Hasan Basri, Pihak Kecamatan Tambelan yang ikut mendukung kegiatan-kegiatan kami selama rombongan berada di Tambelan.

Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada Bapak H. Nazari H. Husin selaku Ketua YPIT, guru-guru MTs Tambelan yang telah ikut bekerja bersama dalammensukseskan Program KKM & MGMP di MTs Tambelan ini.

Semoga dengan adanya kegiatan ini untuk yang pertama kalinya di adakan MTs Tambelan, kedepannya bisa terus berlanjut, sehingga kami yang walaupun berada jauh dari Kabupaten Bintan tidak selalu tertinggal didalam berbagai informasi baik itu informasi dunia pendidikan maupun dalam hal peningkatan kinerja Guru-guru kami demi untuk menarik minat serta perhatian dari para siswa/i tamatan SD agar mau masuk ke sekolah yang Berbasis Pendidikan Agama Islam seperti sekolah MTs Tambelan.

Acara penutupan Kegiatan MKKM dan MGMP dilaksanakan di Gedung Bintang Timur pada jam 20.00 pada tanggal 09 Oktober 2020 dengan acara yang sangat sederhana. (djo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.