banyuasin

KUA V Koto Timur Bantu Catin Tak Mampu

23
Kepala KUA Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, H. Joni Syuryaman, S.HI, M.Ag sedang menjadi pembina apel pagi.

PADANGPARIAMAN, Kepritoday.com – Sesuai dengan misi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan V Koto Timur yakni meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan, melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padangpariaman, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan V Koto Timur akan membantu memfasilitasi calon pengantin (Catin) yang sudah menikah untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas Kabupaten Padangpariaman.

“Seperti kita ketahui bahwa salah satu Program Baznas Kabupaten Padangpariaman adalah memberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat yang kurang mampu (fakir miskin). Untuk itu, kita akan bantu membuat proposal bantuan modal usaha untuk Catin Kecamatan V Koto Timur yang baru menikah dan tidak mampu berdasarkan surat keterangan dari nagari yangbersangkutan”, kata Kepala KUA Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, H. Joni Syuryaman, S.HI, M.Ag, Senin (27/1) di ruang kerjanya.

“Hal ini kita lakukan sesuai dengan visi KUA V Koto Timur yaitu terwujudnya masyarakat yang taat beragama, maju, sejahtera, cerdas dan saling menghormati dalam rangka mewujudkan manusia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Selain itu ada beberapa misi yakni memantapkan kerukunan intra dan antar umat beragama dan menyediakan pelayanan kehidupan beragama yang merata dan berkualitas serta meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan”, papar Joni.

Sedangkan Program Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi (Panter) yang selama ini sudah berjalan, tambah Joni, akan ditingkatkan. Panter bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi. Bagi yang ingin mendapatkan pelayanan ini, silakan langsung mendatangi KUA V Koto Timur dengan membawa KTP asli kedua mempelai, KK asli dari orangtua, KK asli dari mertua dan potokopi ijazah terakir kedua mempelai atau potokopi akte kelahiran.

“Diharapkan Panter dapat mewujudkan tertib administrasi khususnya bagi sepasang insan yang akan menempuh pernikahan dan memberi pasangan Catin kemudahan untuk mendapatkan administrasi dari data kependudukan yang baru dengan status baru sebagai sepasang suami istri,” tambahnya.

Selain Panter, KUA V Koto Timur juga memiliki beberapa inovasi pelayanan diantaranya Sarasehan Pasca Nikah dan Pusat Studi Keluarga (Pusaka Sakinah). Di tahun 2020 akan dilaksnanan pelatihan guru TPA/MDA, Khatam Al-Quran, Belajar Rahasia Nikah (Berkah). Melanjutkan kegiatan Maghrib Berjamaah dan Maghrib Mengaji serta Tahsinul Qur’an dan membahas Kitab Standar bersama H. Afrinaldi, Lc, S.Pd.I, MA. (Mudawar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.