Kemampuan Di Atas Permukaan Air, Jadi Prioritas Utama Bagi Rescuer Basarnas Natuna

 

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Uji Kompetensi penyelamatan di atas permukaan air menjadi prioritas utama bagi rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna. Kamis, (23/06/2022).

Sedikitnya terdapat 37 orang rescuer lingkungan KPP Basarnas Natuna dilakukan uji kompetensi di perairan pantai Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Di sini para rescuer dituntut untuk terus mengasah kemampuannya terutama dalam penyelamatan manusia di atas permukaan air, mengingat kondisi wilayah Natuna sendiri terdapat 99 persen lautan.

Dengan kondisi demikian, Kabupaten Natuna maupun Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yang menjadi wilayah kerja KPP Basarnas Natuna dinilai rentan kecelakaan laut.

Kepala KPP Basarnas Natuna, melalui Kasi Sumber Daya, Alfiansyah mengatakan, uji kompetensi ini merupakan kegiatan periodik yang di laksanakan rutin setiap 3 bulan sekali.

“Kegiatan meliputi uji kemampuan renang guna melihat peningkatan kemampuan para rescuer untuk menunjang kesiapan para rescuer menjalankan tugas pencarian dan pertolongan di di Perairan”, ujarnya.

Selain itu, Lanjut Alfiansyah, para rescuer juga di uji kemampuan renangnya sejauh 100 meter, dengan tanpa menggunakan pelampung.

Dari hasil uji kemampuan, para rescuer KPP Basarnas Natuna masih dalam katagori layak untuk menjadi ujung tombak pelaksanaan tugas-tugas SAR di lapangan nantinya.

“Kemampuan mereka tidak perlu diragukan lagi, karena kita terus lakukan kegiatan ini rutin setiap 3 bulan sekali, agar mereka tidak kaku atas kemampuan mereka sendiri”, pungkas Alfiansyah. (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.