Jumlah ODP Covid-19 Natuna Turun Drastis

249
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Natuna, Hikmat Aliansyah

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Natuna, Hikmat Aliansyah menyebutkan, Natuna saat ini dinilai masih aman akan wabah Covid-19, jika pintu-pintu pelabuhan dan Bandara tetap tertutup.

Hal tersebut terbukti dari status ODP Covid-19 Natuna yang sebelumnya mencapai ratusan orang, kini hanya tinggal 1 orang saja. Bahkan status OTG maupun PDP Covid-19 Natuna saat ini terbilang nihil.

“Dengan dibatasi penerbangan dan Kapal penumpang, jumlah ODP kita menurun, dan sekarang tinggal 1 orang aja yang tinggal masa pemantauan. Kalau PDP dan OTG sudah tidak ada lagi sekarang,” terang Hikmat di ruang kerjanya. Rabu, (14/05/2020) pagi.

Menurut Hikmat, langkah yang diambil Pemerintah Natuna menutup jalur transportasi laut, sangat efektif memutus rantai penyebaran Covid-19 di Natuna khususnya.

“Yang jelas sangat efektif sekali, dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di Natuna,” imbuhnya.

Meskipun diketahui Pemerintah Pusat telah membuka kembali jalur penerbangan komersil, Tim Gugus Tugas Covid-19 Natuna telah siap melakukan Scraning di Bandara.

“Jika dibuka kembali pintu pelabuhan dan pintu bandara, tim kami siap melakukan antisipasi kembali. Sebenarnya penerbangan sudah dibuka seperti Wings Air, cuma beberapa kali mereka buka, tidak ada penumpang, dan akhirnya tidak melayani untuk sementara.” Ujar Hikmat.

Hikmat menambahkan, meski Natuna masih dalam zona hijau Covid-19, pihaknya tetap meminta masyarakat agar senantiasa mantaati himbauan yang telah ditetapkan Pemerintah, sebagai bentuk antisipasi dini.

Kalau gak ada urusan penting, tetap gk usah keluar rumah, dan kalau keluar pun wajib pakai masker. Jangan ngumpul-ngumpul terlalu ramai, apa lagi satu meja lebih dari 4 orang, serta biasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”, pungkas Hikmat. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.