Banner-DPRD-Kepri1.png

Disdik Kota Tanjungpinang Gelar Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif

17

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif  bagi Satuan Pendidikan diantaranya, Guru, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah dalam pengembangan muatan lokal oleh masing-masing Satuan Pendidikan di wilayah Kota Tanjungpinang.

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kota Tanjungpinang, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si. Jumat, (06/03/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sampurna Jaya, Jalan Yusuf Kahar, Kota Tanjungpinang, pada hari Jumat tanggal 6 maret sampai dengan 13 Maret 2020, dan dihadiri oleh, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Kabid, Kasi, Kasi, Kasubag dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Korwas dan Pengawas SMP Kota Tanjungpinang.

Kota Tanjungpinang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki potensi budaya daerah. Selain potensi yang besar, juga memiliki ragam budaya baik dari sejarah, pakaian, makanan, obat-obatan tradisional yang harus dilestarikan. Hal tersebut dapat dituangkan melalui Penerapan Kurikulum Muatan Lokal.

Adapun latar belakang muatan lokal, sebagaimana dimaksud dalam penjelasan atas undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, merupakan bahan kajian yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap potensi di daerah tempat tinggalnya.

Selaku Narasumber dari luar dan dalam daerah pada kegiatan ini adalah,

  1. Dr.Fairul Zabadi, Kepala Bidang Pemberdayaan SDM Perbukuan, Puskurbuk – Jakarta
  2. Hamka, M.Pd, Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal, Puskurbuk – Jakarta
  3. Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tanjungpinang)
  4. Aswandi Syahri, Ss (LAM Kepulauan Riau )
  5. Nurbaiti Usman Siam, M.Si (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
  6. Dra. Raja Suzana, M.Pd (Kepala SMPN 9 Tanjungpinang)
  7. Yoan Sutrisna Nugraha (Seniman)

Tujuan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum Dan Pengelolaan Kelas Kreatif ini dapat menjadi acuan bagi Satuan Pendidikan diantaranya, Guru, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah dalam pengembangan muatan lokal oleh masing-masing Satuan Pendidikan agar dapat menyusun kurikulum muatan lokal pada setiap jenjang seperti TK, SD/MI dan SMP/Mts.

“Sasaran kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif Kota Tanjungpinang adalah sekolah tingkat TK, SD, dan SMP di Satuan Pendidikan Kota Tanjungpinang.” Ujar Panitia Pelaksana kegiatan.

Panitia dan Peserta terdiri dari unsur Pejabat dan Staf pada Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, sedangkan peserta berjumlah 15 (lima belas) orang yang merupakan utusan dari Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, BAN PNF, Pengawas dan Kepala TK, SD, SMP yang merupakan tim penyusunan muatan lokal.

Anggaran pada acara kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD Kota Tanjungpinang Tahun 2020.

“Semoga dengan kegiatan pelatihan penyusunan kurikulum mendapatkan hasil yang maksimal dengan didapatkan kurikulum muatan lokal untuk satuan pendidikan di Kota Tanjungpinang.” Tutup Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Kelas Kreatif  Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.