Ratusan Kelong Tumbang di Hantam Gelombang

Kelong yang biasa digunakan nelayan untuk menangkap ikan teri.

LINGGA, Kepritoday.com – Akibat tinggi nya gelombang yang disertai angin kencang yang melanda laut teluk Raya,Kecamatan Singkep Barat.Mengakibatkan ratusan kelong atau bagan untuk menangkap ikan teri tumbang.

Tumbang dan hanyut nya ratusan kelong yang biasa nya digunakan untuk menangkap ikan teri ini membuat masyarakat setempat kehilangan mata pencarian,dan mengalami kerugian masing-masing kelong sekitar puluhan juta rupiah.

Hal tersebut di benarkan oleh Herman salah seorang nelayan kelong Desa Kuala Raya,yang menggantungkan hidup nya dari hasil penangkapan ikan Teri dengan menggunakan kelong.di hadapan kepritoday.com.Senin 15/01/2018.

“Semalam saya lihat dari pantai,kelong nya masih ada.Namun alangkah kaget nya setelah melihat siang tadi,ternyata kelong saya sudah tidak ada lagi karena di hantam angin dan gelombang.”kata Herman.

Menurut nya lagi,Untuk membuat satu unit kelong,masyarakat harus mengunggah kocek sebesar Rp.25 sampai Rp.30 juta.ada juga sebagian yang membeli kelong bekas pakai, yang rata-rata harga nya di atas sepuluh jutaan.Jadi bisa dibayangkan berapa total kerugian yang di alami masyarakat yang mata pencarian nya dari hasil kelong tersebut.

Dari pantauan kepritoday.com,ratusan kelong yang roboh akibat gelombang disertai angin kencang tersebut,tidak seluruh nya milik masyarakat kuala raya,karena di laut yang sama juga ada warga Desa Bakong dan Desa Sungai Harapan yang mencari nafkah dari hasil kelong tersebut.

Dengan ada nya musibah ini,masyarakat berharap agar pemerintah kabupaten Lingga,bisa memberikan sedikit bantuan,guna meringankan beban masyarakat yang terkena musibah ini.

Di tempat terpisah Plt.Sekda Lingga Drs.Junaidi Adjam saat dikonfirmasi via hp,mengatakan dia nya juga mendapat laporan dari Dua Kepala Desa,yaitu Kepala Desa Kuala Raya dan Desa Bakong,terkait musibah tumbang nya ratusan kelong di wilayah Desa mereka,Dan berjanji akan menyampaikan peristiwa ini kepada Bupati Lingga serta Instansi terkait,agar bisa memberikan solusi guna meringankan beban para nelayan kelong dalam menghadapi musibah ini.

“Beberapa hari lalu,kepala Desa Kuala raya dan Desa Bakong pernah melaporkan peristiwa roboh nya ratusan kelong tersebut.Dan dengan ada nya laporan ini,insya allah saya akan menyampaikan ke Bupati Lingga serta Instansi terkait,agar dapat meninjau langsung ke lokasi musibah,dan semoga ada titik terang guna meringankan beban para nelayan yang mengalami musibah ini.”kata Junaidi.(Ramlan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top