BPS Batam Gelar Sosialisasi Hasil Sensus Ekonomi 2016 di PIH Batam

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kota Batam Drs.Rahyudin M,Si saat memberikan keterangan pers di acara sosialisasi hasil listing sensus 2016 di PIH Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Badan Pusat Statistik (BPS) kota Batam mengadakan kegiatan sosialisasi hasil listing sensus ekonomi 2016 kota Batam dan Focus Group Discussion  (FGD) kegiatan statistik sektoral di PIH Batam Center,Kamis (30/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran SKPD, lintas institusi serta perusahaan-perusahaan yang ada di Batam.

Kepala BPS kota Batam Drs.Rahyudin M,Si saat konferensi pers mengatakan bahwa,Kegiatan hari yaitu ada dua,yang pertama sosialisasi hasil sensus ekonomi 2016,yang kita laksanakan tahun lalu bulai mei,jadi hasilnya kita sosialisasikan kepada masyarakat termasuk pengguna data dan koresponden.

“Yang kedua adalah kegiatan forum group discussion statistik sektoral cakupan nya ada tiga yang pertama dasar, sektoral dan khusus,” kata Rahyudin.

Rahyudin menambahkan, untuk dasar, ia sifatnya lintas sektoral dan masif antar wilayah melaksanakan BPS. Kalau sektoral seperti dinas pertanian, peternakan, dinas perindustrian, kita harapkan melalui sosialisasi ini kedepan mereka bisa lebih giat lagi, tidak ragu lagi dalam melaksanakan kegiatan survey sesuai masing-masing dinas.

“Kalau melakukan survey tadi yaitu melapor ke BPS, supaya kita tahu bahwa ini sudah pernah dilakukan survey supaya tidak ada duplikasi data atau pengulangan,” ujar Rahyudin.

“Saat di pertanyakan kendala petugas di lapangan, koresponden itu merasa takut, curiga,menolak, kalau kita mengharapkan koresponden menerima kita,” kata Rahyudin.

“Untuk itu petugas yang dilapangan kita latih, training selama seminggu bagaimana cara mewawancarai yang benar, bagaimana menggali data,etikanya dan lain-lainya supaya kita harapkan data yang diperoleh data-data yang benar,” terangnya.
“Harapan dari sosialisasi ini kita sama-sama bekerjasama dengan baik dan saling menguntungkan, koorperatif dalam memberikan data, kami kedepan bisa lebih enak, kita bisa bantu kalau mau survey konsultasi ke kami.” kata Rahyudin di akhir konferensi pers. (Tri/Osr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *