Satlantas Polres Lingga Akan Menggelar Operasi Seligi

269

LINGGA, Kepritoday.com – Demi meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), Satlantas Polres Lingga akan menggelar operasi khusus kendaraan bermotor dengan Sandi Operasi Patuh Seligi 2019.

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, S.ik., M.T melalui Kasat Lantas Polres Lingga, AKP Emsas mengatakan jika operasi yang dimulai dari tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019 mempunyai konsep umum dari pelaksanaan operasi ini adalah penegakan hukum yang humanis.

“Dengan didukung kegiatan preemtif dan preventif diharapkan akan meningkatkan ketertiban serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya”, kata Emsas, Kamis (22/8/2019).

Adapun tindakan preemtif yang dilakukan pihak kepolisian kepada masyarakat adalah memberi pemahaman dan pengetahuan dalam mencegah kejahatan. Selain itu, tindakan preventif (pencegahan) juga tetap akan dilakukan petugas seperti melakukan penjagaan, pengawasan, patroli, dan razia.

Berikut 8 target utama sasaran Operasi Patuh Seligi 2019 yaitu,

1. Pengemudi dibawah umur.

2. Pengemudi melawan arus.

3. Pengemudi kendaraan sepeda motor roda dua yang berboncengan lebih dari satu penumpang.

4. Pengemudi dan penumpang sepeda motor roda dua yang tidak menggunakan helm SNI.

5. Pengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk karna narkoba/miras.

6. Pengendara yang mengunakan handphone saat berkendara.

7. Pengendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

8. Pengemudi kendaraan Roda 4 atau lebih yang tidak mengunakan Safety Belt.

“Mari lengkapi administrasi seperti SIM, STNK yang sudah dibayar pajak, plat nomor yang masih berlaku dan masih dapat dilihat dengan jelas dan juga cek kelengkapan pendukung keamanan lainnya apakah berfungsi normal demi kemanan dan keselamatan dijalan raya,” himbau Kasat Lantas.

Beliau juga berpesan apabila menemukan pemeriksaan dari petugas dilapangan, agar pengendara dapat mengikuti prosedur dengan santai dan tidak perlu tegang, karena pada dasarnya operasi ini dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan lalu lintas pengendara dijalan raya. (RL/Ari)

Leave A Reply

Your email address will not be published.