Rio, Meraih Penghargaan Dari Presiden Melalui Kelompok Budidaya Kepiting

21
image-300x168
Rio, Pembudidaya Kepiting Yang Mendapatkan Penghargaan Dari Presiden RI

BINTAN, Kepritoday.com – Satu lagi prestasi membanggakan diukir oleh Kabupaten Bintan melalui Kelompok Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan.
Rio Pradi berhasil mendapatkan juara dua dalam ajang lomba inovasi bahari yang didakan Kementerian Ristek RI di Kota Baru Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Alhamdulilah, saya mendapat juara dua dalam lomba riset yang dilakukan oleh kementerian.” sebut Rio, Sabtu (13/12).

Dalam hal ini, Rio mengembangkan usaha ketam atau kepiting yang dibudidayakannya dengan menggunakan fasilitas ember plastik. Dalam dua bulan, semua ketam yang ia budidaya bisa langsung dipanen dengan berat sekitar dua sampai tiga ons.

“Prosesnya saya mulai sejak 2009 lalu. Awalnya saya menggunakan asbes untuk meletakan ketam-ketam itu. Setelah itu saya lakukan pengembangan dengan menggunakan ember.”

“Ternyata dengan menggunakan media ini lebih cepat pembudidayaan ketam. Proses pergantian kulitnya cepat,” sebut Rio menerangkan.
Dikatakannya, dahulu untuk melakukan budidaya ia harus melakukanya di laut. Namun setelah mendapatkan ide dengan menggunakan media ember semua budidaya bisa digunakan di darat.
“Ada sekitar 2.000 ember saya gunakan untuk melakukan budidaya ini. Dan Alhamdulilah berhasil,” sebutnya.

Pada tanggal 15 Desember 2014 nanti, ia akan mengambil penghargaan tersebut ke Banjarmasin. Hal ini menjadi sangat Istimewa bagi Rio, karena yang memberikan bantuan adalah Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Informasinya yang akan memberikan langsung penghargaannya adalah Pak Presiden Jokowi. Berasa mimpi bisa ketemu Pak Presiden. Besok saya ke sana, semua transportasi dibiayai oleh mereka,” jelasnya. (djo)

Comments are closed.