Peringati HUT Polairud Ke-70, KP Baladewa-8002 Gelar Donor Darah

36
pemprov

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Dalam rangka menyambut HUT Polairud yang ke-70 tahun, Kapal Polisi (KP) Baladewa – 8002 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri melaksanakan kegiatan donor darah, Kamis (19/11/2020) siang.

Kegiatan yang digelar di RSUD Natuna tersebut merupakan hasil kerja sama KP. Baladewa – 8002 dengan Polres Natuna, unit transfunsi darah RSUD Natuna dan PMI Natuna.

Dalam kegiatan ini KP. Baladewa-8002 berhasil mengumpulkan 25 kantong darah.

Menurut pantauan terlihat puluhan pendonor yang terdiri dari personil KP. Baladewa – 8002, personil Satpolairud Polres Natuna dan beberapa elemen masyarakat sekitar mengikuti kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19.

Menurut Komandan KP. Baladewa – 8002 Kompol Carito Tatag, S.ST, kegiatan donor darah ini sebagai bentuk partisipasi KP. Baladewa – 8002 dan Satpolairud Polres Natuna dalam membantu masyarakat yang tengah membutuhkan transfusi darah pada masa pandemi Covid-19.

“Harapannya, labu darah yang terkumpul melalui kegiatan bakti sosial donor darah ini dapat bermanfaat dan membantu saudara–saudara kita yang membutuhkan ditengah pandemi Covid-19.

Lanjut Kompol Carito mengatakan, setetes darah yang kita sumbangkan saat ini akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

“Setetes darah sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan”, ujar Kompol Carito Tatag saat ditemui disela-sela kegiatan donor darah tersebut.

Dalam kegiatan ini sebelum dilakukan proses pengambilan darah kepada para pendonor, diwajibkan mengikuti serangkaian standart operasional prosedur (SOP) terlebih dahulu, mulai dari mengisi formulir, cek golongan darah, hingga tes tekanan darah.

Selama berjalannya kegiatan bakti sosial donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Baik peserta maupun petugas medis wajib menggunakan masker, antrian pun diatur sedemikian rupa untuk tetap menjaga jarak (physical distancing).

“Kami berharap sumbangan darah yang terkumpul melalui kegiatan ini dapat membantu ketersediaan cadangan darah untuk transfusi pada saat dibutuhkan, apalagi di wilayah Pulau Natuna ini yang merupakan salah satu pulau terluar dan sekaligus wilayah tapal batas NKRI yang jauh darimana-mana” ucapnya.

Kompol Carito Tatag menambahkan, donor darah menjadi aksi produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan aksi donor darah ini diharapkan agar Polri dalam hal ini KP. Baladewa – 8002 dapat turut berkontribusi menjaga pasokan kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa atas partisipasi para pendonor. Mudah–mudahan kegiatan bakti sosial hari ini menjadi berkah bagi semua. Kami akan selalu berupaya menjaga komitmen kami untuk tetap memberikan yang terbaik kepada masyarakat” pungkasnya. (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.