Lestarikan Permainan Gasing, Wan Arismunandar Apresiasi Polres Natuna

 

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Sebagai ketua Pelaksana, Wan Arismunandar mengapresiasi Polres Natuna yang telah menyelenggarakan kegiatan ajang turnamen gasing dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke-76.

Wan Aris yang sekaligus menjabat Ketua Komisi I DPRD Natuna tersebut menilai, dalam hal ini Polres Natuna telah berkontribusi mengangkat kembali budaya tradisi lokal salah satunya permainan gasing.

Gasing merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak dahulu di Indonesia, termasuk di Natuna.

Menurut Wan Aris, permainan ini dulunya mudah dijumpai. Namun seiring perkembangan zaman, permainan yang dominan digandrungi oleh laki-laki ini, berlahan memudar. Bahkan bisa dikatakan hampir tidak lagi dimainkan sama sekali.

“Apresiasi kepada Polres Natuna yang mana pada peringatan HUT Bhayangkara ke-76 kali ini telah mencoba membangkitkan kembali budaya lokal salah satunya dengan diselenggarakannya perlombaan gasing”, ujarnya. Sabtu, (25/06/2022).

Lebih lanjut Wan Aris menambahkan, kegiatan ini sangat penting untuk menjaga kearifan lokal Natuna, serta meningkatkan kemampuan literasi masyarakat setempat.

Dirinya berharap, sejumlah permainan tradisional lokal lainnya seperti permainan Alu, tari Zapin, Mendu, dan lainnya juga dapat digalakkan oleh pemerintah Instansi lainnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana mendekatkan instansi kepolisian dengan masyarakat”, pungkasnya.

Dalam perlombaan yang digelar di Lapangan Tugu Gasing, Kelurahan Bandarsyah tersebut, panitia memberi peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi menjadi peserta. (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.