Komisi I DPRD Natuna, Gelar Raker Soal Pemilihan BPD

13

NATUNA, KRPRITODAY.COM – Banyaknya desa yang menyelenggarakan pemilihan BPD, mendapat perhatian khusus dari Komisi I DPRD Kabupaten Natuna.

Hal ini terbukti dengan diselenggaranya Rapat Kerja (Raker) terkait pelaksanaan peraturan pemilihan BPD Se-Kabupaten Natuna, bertempat di Ruang Banggar DPRD Kabupaten Natuna, Jalan Yos Sudarso, Ranai, Senin (14/9/2020).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Natuna, Wan Arismunandar dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi I, Pang Ali, Sekretaris Komisi I, Husin dan Anggota Komisi I, Baharuddin dan Ibrahim.

Hadir juga Ketua Pansus A, Junaidi Sekretaris DPMD Kabupaten Natuna, Tabrani, Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Natuna, Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Sungai Ulu, Desa Kelanga, Kepala Desa Kelanga, Kepala Desa Sungai Ulu, Ketua Forum BPD Natuna, Ketua BPD Desa Pengadah.

Wan Arismunandar dalam pembukaan rapat menyampaikan, perkembangan permasalahan pemilihan BPD di lapangan membuat rancu, hal ini dikarenakan ranperda pemilihan BPD masih dibahas oleh Pansus A.

“Saya melihat rujukan dan aturan mainnya belum diselesaikan oleh pansus, tetapi sudah ada desa yang menetapkan tanggal pemilihan BPD, kenapa hal ini bisa terjadi dan dilaksanakan,” ujarnya.

Wan Aris melihat hal ini akan menjadi potensi perselisihan apabila pihak panitia tetap melaksanakannya, menginggat rujukan yang menjadi dasar pemilihan BPD tidak kuat.

“Ini berkaitan dengan fungsi kami di pengawasan,” tambahnya.

Wan Aris juga menyayangkan keluarnya surat edaran Bupati Natuna yang mengatakan bahwa melanjutkan proses pemilihan BPD, menurutnya hal tersebut bertentangan dengan SE Mendagri yang mengatakan menghentikan sementara pemilihan Kepala Desa dan BPD.

Salah satu desa yang telah selesai melakukan proses penjaringan dan pendaftaran pemilihan BPD adalah Sungai Ulu. Kades Sungai Ulu, Hermanto menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan berkas pendaftaran sebelum masa kerja berakhir untuk mengikuti persiapan dan tahapan-tahapan penjaringan.

“Setelah pengambilan sumpah panitia, saat ini Desa Sungai Ulu sudah selesai masa penjaringan dan sudah memasuki masa tenang, rencananya pencoblosa akan dilaksanakan tanggal 17 September 2020,” ungkapnya.

Selanjutnya masing-masing anggota Komisi I DPRD Kabupaten Natuna satu-satu dipersilahkan untuk menyampaikan pendapat dan pandangannya mengenai permasalahan tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Natuna, Baharuddin menyampaikan bahwa kondisi terkini pemilihan BPD ini banyaj hiruk pikuk dengan semua problematika dilapangan, dia berharap pemerintah mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan timbul.

“Jangan sampai celah aturan yang dapat memicu perselisihan dipergunakan bagi pihak yang kalah, jadi jangan gegabah membuat aturan, aturan dibawah jangan sampai bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi,” ungkap Politisi Partai Demokrat ini.

Setelah mendengarkan masukan dan pemaparan dari semua pihak akhirnya Wan Arismunandar menyimpulkan dan meminta kepada DPMD Kabupaten Natuna untuk segera membuat surat yang menyatakan tetap melanjutkan tahapan-tahapan pemilihan BPD sampai ke tahapan pemilihan atau menunda pemilihan BPD dengan tidak membatalkan proses dan tahapan yang sudah berjalan. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.