Ini Solusinya Agar Jaringan Internet di Kecamatan Midai Bisa 4G!

165

NATUNA,KEPRITODAY.COM – Tingginya kebutuhan masyarakat akan jaringan internet kian hari semakin meningkat. Hal tersebut seiring dengan perkembangan zaman modern.

Namun tidak menutup fakta, nyatanya masih bnyak wilayah penduduk yang tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Salah satunya seperti di wilayah Kecamatan Midai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Hingga saat ini wilayah itu terbilang cukup memperihatinkan, pasalnya Segala aktivitas masyarakat maupun Pemerintahannya, banyak terkendala akibat minimnya jaringan internet.

Padahal kita tau, di era digital seperti sekarang ini hampir semua kebutuhan layanan masyarakat sudah berbasiskan aplikasi internet.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Natuna, Raja Darmika  kepada kepritoday.com melalui telphon selulernya mengatakan, jaringan internet wilayah Kecamatan Midai saat ini diakuinya masih menggunakan satelit.

Dengan demikian, jaringan internet cepat (4G) belum dapat terakses oleh masyarakat Midai.

Agar dapat memperkuat jaringan internet di Kecamatan Midai kata Darmika, solusinya ialah dengan membangun sebuah tower khusus di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat.

Tower tersebut nantinya akan dihubungkan ke Arah Kecamatan Midai melalui Radio Link.

Untuk memperkuat sinyal di midai, solusinya adalah harus bangun tower di Sedanau agar ke arah Midai tembus menggunakan Radio Link”, ujarnya. Kamis, (21/11/2019) siang.

Sebelumnya kata Darmika, pihak Telkomsel telah melakukan uji coba menghubungkan Tower yang ada Pulau Lagong Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga menggunakan Radio Link.

Namun uji coba tersebut tidak membuahkan hasil dikarenakan terhalang oleh perbukitan, sehingga tidak dapat menembus wilayah Kecamatan Midai.

“Upaya tersebut sudah coba dilakukan oleh Telkomsel, tapi tidak tembus karna terhalang bukit”, pungkasnya.

Lanjut Darmika, dalam hal ini pihaknya tetap berupaya mengusulkan pembangunan tower khusus di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat, agar terwujudnya satu satunya daerah 3T di Indonesia yg seluruh kecamatannya merdeka sinyal (4G). (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.