Berikut Persiapan Basarnas Natuna Jelang Musim Utara!

89

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Mendekati masuknya musim utara wilayah laut Natuna dan sekitarnya, Basarnas Natuna telah menyiapkan tim rescue dan sejumlah potensi SAR yang telah dibina, sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna Mexianus Bekabel S.Sos kepada kepritoday.com melalui telphon selulernya. Selasa, (19/11/2019) malam.

“Antisipasi adanya kecelakaan laut pada musim utara nanti, kami telah menyiapkan tim rescue yang telah stanbay di kantor 24 jam”, ujarnya.

Selain itu kata Mexi, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah Alut (Alat Utama) dalam mendukung operasi pencarian dan penyelamatan terhadap korban.

KN Sasikirana-254 Milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna

Alut tersebut diantaranya seperti Kapal Negara Sasikirana, dua unit Sea Raider, dua unit Rif, dua Raber Boot (Perahu Karet), dan sejumlah alat-alat penyelamatan lainnya.

“Dalam setiap melakukan pencarian, kita didukung oleh sejumlah Instansi lainnya seperti TNI/POLRI, dan Pemerintah Daerah. Untuk TNI-AL mereka punya Alut Kapal KAL, dan POLRI mereka punya kapal Polisi Air”, terang Mexi.

Pada musim utara nantinya, Basarnas bekerjasama dengan BMKG akan senantiasa memberikan informasi dalam bentuk himbauan maupun peringatan mengenai cuaca.

Hal tersebut menurutnya, dapat meminimalisir angka kecelakaan laut terutama pada saat masuk musim utara.

“Kami akan berikan informasi itu melakui wa group, RRI dan media lainnya, sehingga masyarakat bisa tau dan mengurungkan niatnya beraktivitas di laut”, pungkasnya.

Sebelumnya kata Mexi, pihaknya telah melakukan himbauan kepada sejumlah nelayan maupun transportasi laut lainnya agar memiliki alat keselamatan seperti life jacket dan alat komunikasi radio. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.