Basarnas Pantau ABK Kapal MOB yang Diduga Jatuh dan Hanyut Ke Perairan Natuna

 

NATUNA, Kepritoday.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna melakukan Pemantauan dan Koordinasi terhadap 1 orang ABK Kapal MOB (Man Over Board) yang jatuh ke laut di perairan Malaysia pada Posisi 02°12.02’N – 104°48.090’E .

Korban diduga kuat hanyut terbawa arus ke wilayah perairan Indonesia tepatnya perairan laut Kabupaten Natuna.

Berdasarkan kronologi dari laporan tersebut bahwa korban terakhir terlihat di kapal pada 10 September 2022 Pukul 09.00 Waktu Malaysia, dan Korban di Pastikan Hilang pada 11 September 2022 pukul 05.30 Waktu bagian Malaysia.

Korban sebelumnya sempat dilakukan pencarian di seluruh bagian kapal. Dalam hal ini korban diduga melompat ke laut yang hingga saat ini belum dipastikan motifnya.

Kepala KPP Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel mengatakan, operasi SAR di lakukan berdasarkan informasi yang di terima oleh pihaknya dari Basarnas Comand Centre ( BCC) yang sebelum nya menerima laporan dari MRCC Johor Bahru Malaysia.

Menanggapi informasi tersebut, petugas siaga komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna langsung melakukan koordinasi ke Pihak Lanal Ranai, Lanal Tarempa , SROP Kijang, SROP Anambas , Bakamla Natuna dengan Mengirimkan Berita untuk bantuan Pemapelan (Maklumat Pelayaran) Kepada Kapal – Kapal yang melintas di area tersebut.

“Kepada kapal-kapal yang melintasi wilayah itu, jika menemukan korban agar dapat memberikan bantuan SAR dan melaporkan ke Kantor Pencarian Dan Pertolongan Natuna”, pungkas Mexi.

Berikut data korban :
Nama : Bpk Shanidze Nodar
Usia : 22 thn
Jenis kelamin : Lakis
Kebangsaan : Georgia
Nomor Paspor : 20AA02387
Pakaian terakhir : Kemeja hitam dan celana pendek hitam

Sementara data kapal sebagai berikut :
Nama Kapal : MT ZEVS
Bendera : KAMERUN
Jenis : TANKER
IMO : 9168946
CALL SIGN : TJMC822
MMSI : 613833000
Tonase : 72449
Rute : Singapore – Tg Pelepas (Johor , Malaysia)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.