Bantu Operasi Basarnas, KPP Natuna Bentuk Tim Natunae Rescue

140

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Guna membantu  Basarnas dalam melakukan operasi Pencarian dan Pertolongan terhadap Korban, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, membentuk tim bernama Natunae Rescue.

Natunae Rescue diketahui merupakan tim rescue yang berada dibawah naungan Basarnas Natuna, yang sengaja dibentuk untuk menunjang kinerja para tim personil Basarnas.

Terkait hal tersebut, Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel S.Sos, melalui telphon selulernya mengatakan, dengan wilayah kerja KPP Natuna meliputi 2 Kabupaten, dan luas wilayah lautnya yang mencapai 99 persen, pihaknya dinilai perlu membentuk sebuah tim pemback up.

Terlebih kata Mexi, saat ini personil Basarnas Natuna sangatlah minim, dengan jumlah yang hanya 16 personil saja.

“Saya berfikir bahwa untuk wilayah tanggung jawab kantor SAR Natuna sangat luas, dan kita banyak pulau-pulau kecil dengan aktifitas jumlah transportasi laut yang sangat banyak, sehingga banyak terjadinya kecelakaan-kecelakaan dialamai di wilayah area jalur pelayaran tersebut”, ujarnya. Selase, (19/11/2019) siang.

Lanjut Mexi, para tim Natunae Rescue nantinya akan di dibina dan dididik tentang ilmu pencarian dan pertolongan, agar dalam melakukan operasi nantinya telah memiliki ilmu fisik maupun kode etik tata cara pencarian dan pertolongan terhadap korban.

“Masalah kewenangan dalam operasi pencarian dan pertolongan mereka nanti tetap bertumpu pada
Basarnas, Basarnas lah yang akan mengendalikan, sesuai dengan UU nomor 29 Tahun 2014”, terangnya.

Masih kata Mexi, pihaknya juga akan berencana memberangkatkan para tim Natunae Rescue untuk mengikuti Jambore di luar daerah, mewakili KPP Natuna.

“Nanti orang-orang itu yang kami pakai untuk mengikuti even-even diluar Natuna, di Jakarta ataupun Surabaya. Dan semoga mereka nantinya bisa mengharumkan nama Kantor SAR Natuna”, pungkasnya.

Mexi berharap, dengan terbentuknya tim Natunae Rescue dapat menjalin koordinasi yang baik bersama pihaknya, terutama terkait adanya laporan kecelakaan maupun bencana. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.