Ada Replika Mushaf Al-Qur’an Raksasa di Pembukaan MTQ Kecamatan Bunguran Batubi

234

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Pemerintah Kecamatan Bunguran Batubi hari ini menggelar musabaqah tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan I.

Kegiatan yang berpusat di Astaka SDN 003 Desa Gunung Putri tersebut dibuka langsung oleh Camat Bunguran Batubi, Nur Parta. Selasa, (19/11/2019) siang.

Dalam sambutannya Nur Parta mengatakan, MTQ tingkat Kecamatan I wilayah Kecamatan Bunguran Batubi dinilai perlu dilaksanakan guna memperkokoh bidang keagamaan dan bagian dari syiar keislaman.

Dengan berbagai perlombaan dan kegiatan Islami pada MTQ tingkat Kecamatan I, pihaknya berharap masyarakat Kecamatan Batubi khususnya lebih dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“MTQ merupakan ajang syiar keislaman dan menjadi media dakwah kepada masyarakat serta menumbuhkan kecintaan kepada Al-Qur’an”, ujarnya.

Lanjut Parta, mengajak segenap element masyarakat dapat turut serta menyukseskan pelaksanaan dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

MTQ tersebut kata Parta, nantinya akan dinilai oleh dewan juri yang telah disumpah agar bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya, sehingga para juara yang terbaik dari Kecamatan bisa tampil di MTQ tingkat kabupaten Natuna tahun 2020 mendatang.

“MTQ ini hadir dan dilaksanakan berbasiskan wilayah untuk mendorong potensi yang mampu di tingkatkan dari waktu ke waktu. MTQ bukan hanya sekedar seremonial semata, melainkan harus juga dijadikan rutinitas dalam artian semangat berkomitmen meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan”, ujar Parta.

Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Bunguran Batubi tersebut berlangsung meriah, diawali dengan kegiatan Pawai Ta’aruf Yang diikuti perangkat desa dari 5 desa yang ada dikecamatan Bunguran Batubi, dan Siswa/i pelajar SD, SLTP dan SLTA, serta beberapa organisasi kelembagaan yang ada di Kecamatan Bunguran Batubi.

Dengan rute pawai Ta’ruf start dari Astaka SDN 003 Desa Gunung Putri, menuju simpang tiga jalan menuju kelarik, dan kembali finish di Astaka SDN 003 Desa Gunung Putri.

Sementara bidang yang diperlombakan diantaranya seperti Tilawah, syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Hifzil Qur’an, dan Khatil  Qur’an.

Selain itu juga ada yang unik pada pelaksanaan MTQ I Kecamatan Bunguran Batubi, yaitu adanya replika mushaf Al-Qur’an Raksasa karya siswa SMA 2 Bunguran Barat. (Zal).

Leave A Reply

Your email address will not be published.