pemko pinang

Detik – detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke – 71 di Kepri Berjalan Khidmat

IMG-20160817-WA0007TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 tingkat Provinsi Kepulauan Riau terlaksana dengan khidmat, Rabu (17/08) bertempat di halaman Gedung Daerah, Tepi Laut, Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Dalam Upacara ini, Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah, Mayor Marinir, Wira D.S Lumban Gaol. Sedangkan yang membaca naskah teks Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan oleh Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak.

Turut hadir pada upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71, Pejabat dilingkungan Provinsi Kepri, FKPD, TNI/Polri, para Veteran, tokoh-tokoh masyarakat, tamu undangan, dan masyarakat Tanjungpinang, yang juga turut antusias menyaksikan peringatan detik-detik Proklamasi.

Momen pengibaran bendera merah putih sendiri merupakan bagian terpenting disetiap peringatan detik-detik proklamasi setiap tahunnya. Bahkan kesalahan kecil sekalipun yang dilakukan oleh Paskibraka akan berdampak terhadap kurang khidmatnya peringatan hari bersejarah Bagi bangsa Indonesia ini.

Suasana khidmat semakin terasa manakala sirene peringatan detik-detik proklamasi didengungkan selama sekitar 60 detik dan disambut dengan suara klakson kendaraan dijalanan, dan seusai suara sirene berakhir, para siswa dan siswi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) mulai melakukan tugasnya.

Para tamu undangan seperti dihipnotis selama prosesi pengibaran bendera merah putih. Semua mata tajam menatap derap langkah dan semua berharap pengibaran bendera Merah Putih terlaksana dengan sempurna di momen yang spesial ini. Seluruh elemen dan lapisan masyarakat hadir di peringatan detik-detik proklamasi ini.

Pada akhir upacara pembacaan doa dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kepri Marwin Jamal. Yang mana, pada kesempatan ini dalam doanya Marwin memohon kepada Allah SWT agar momen kemerdekaan RI ke-71 ini, menjadi ajang untuk bangsa Indonesia bersatu padu, saling menyokong, saling menyerukan kebaikan.

Dalam doanya, Marwin Jamal juga memohon, agar bangsa Indonesia bisa memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini, dan bisa dikelola serta dimanfaatkan dengan baik dan penuh tanggungjawab. (djo)

 

Ruangan komen telah ditutup.