14 Unit Astros II MK 6 Perkuat Wilayah Perbatasan Natuna

320

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Panglima Kodam (Pangdam) I/BB Mayjend TNI MS. Fadillah hari ini menerima langsung Alusista Astros II MK 6 untuk diserahkan ke Baterai Armed Btatalyon Komposit I/GP. Senin, (18/11/2019) siang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Bertempat di Baterai Armed Btatalyon Komposit I/GP, Desa Telok Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Natuna.

Dalam sambutannya Pangdam Fadillah mengatakan, Kompleksitas ancaman bagi bangsa Indonesia dapat mengancam keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta keberlangsungan kehidupan generasi muda di masa depan.

Untuk itu kata Pangdam, penempatan Alusista Astros II MK 6 sebanyak 14 unit di Kepulauan Natuna guna menunjang keamanan dalam menghadapi eskalasi ancaman dan perkembangan lingkungan strategis.

“Indonesia negara maritim sekaligus negara tropis agraris, memiliki kekayaan yang berlimpah, menimbulkan paradoks dalam hal keunggulan kompetitif sekaligus tantangan sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat”, ujarnya.

Lanjut Pangdam Fadillah, Astros II MK 6 tersebut diakunya merupakan Alusista baru yang masuk ke 3 satuan TNI AD, yang diantaranya untuk Batalyon Komposit 1 / Gp.

“Ini adalah kebanggaan kita bersama dalam mengembang tugas pokok prajurit diwilayah Kodam Q / Bukit Barisan”, tegasnya.

Terkait Alusista tersebut, Pangdam Fadillah menginginkan para prajurit Baterai Armed untuk senantiasa melakukan latihan rutin, serta dapat menjaga dan merawat barang milik Negara, yang telah dipercayakan Pemerintah kepada TNI-AD khususnya dalam mengamankan wilayah perbatasan.

“Pelajari dan laksnakan latihan sebaik-baiknya dengan penuh semangat dan bertanggung jawab. Rawat dan jaga Alusista Astros II MK 6 ini dengan sebaik-baiknya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama”, pungkasnya.

Sementara Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal yang diwakili oleh Asisten II bidang ekonomi pembangun, Tasrif mengatakan, keberadaan roket Astros II MK 6 bataliyon komposit 1 / gardapati di Natuna diharapkan mampu menjaga wilayah perbatasan dan menepis dari segala ancaman luar, terutama di wilayah perairan Natuna yang saat ini sangat rentan akan adanya konflik.

“Sebagai tuan rumah yang baik, kami akan selalu menyambut para personil TNI yang bertugas. TNI menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tatanan sosial masyarakat di bumi laut rantau bertuah ini”, pungkasnya.

Turut hadir dampingi Pandam Fadillah diantaranya Danrem 033/WP, Asops Kodam I/BB, Asplog I/BB, Asintel I / BB, Kapendam Kodam I/BB, Kapaldam I / BB, Kazidam I / BB, Wadandenhub I / BB, Kasi Intel korem 033/WP. (Zal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.