Peningkatan Infrastruktur Jalan Layaknya Dilakukan Sejak Dini

1PU lingga

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, M Iksan Fensuri.

LINGGA, Kepritoday.com – melakukan peningkatan kapasitas jalan perlu dilakukan sejak lebih dini.Hal ini untuk memudahkan akses tranportasi warga ke depanya. Selain itu, Sebelum daerah menjadi padat. Seperti yang ditegaskan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, M Iksan Fensuri, Jum’at (29/8).

“Jika sudah menjadi kota, padat dipenuhi dengan perumahan pekerjan-pekerjaan pembangunan menjadi sulit dilakukan. Pelebaran jalan dan peningkatan kapasitas jalan yang tahun ini gencar dilakukan Dinas Pekerjaan umum akan sulit jika daerah ini sudah menjadi kota nantinya. Untuk itu, kita lakukan lebih dini,” ujar M Ihksan.

Dia mencontohkan, dibeberapa kota di Kepri menjadi kendala saat jalan yang sempit dan membuat kemacetan. Daerah yang telah menjadi kota bahkan ada jalannya yang sudah tidak bisa dilebarakan lagi.

“Saya kurang sependapat kalau jalan-jalan yang saat ini dibangun dipandang kurang perlu. Kita tidak berpikir untuk saat ini, tapi kita berpikir 5 atau 10 tahun ke depan. Dengan adanya peningkatan dan pelebaran jalan ini tentu akses masyarakat akan lebih lancar. Mungkin saat ini sepi namun kedepanya tentu kota ini akan berkembang,” katanya.

Dia menuturkan permasalah yang terjadi pada pembangunan sebuah kota salah satunya adalah penataan kota yang tidak dilakukan dari awal, salah satunya jalan. Ketika sudah menjadi kota yang ramai tidak bisa dibenahi lagi dan terkesan sembraut.

“orang yang datang ke Lingga ini malah kagum. Di daerah-daerah pelosok, jalanya sudah bagus. Mungkin saat ini kita tidak memandang itu perlu, tapi ke depan inilah akses utama masyarakat kita,”ungkapnya.

Tahun 2014 ini, Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga gencar membangun dan meningkatkan kapasitas jalan di Kabupaten Lingga. Untuk Kecamatan Singkep saat ini sejumlah jalan protokol mendapat perbaikan peningkatan dan juga pengerasan jalan. (Jef/MC Kab.Lingga)