Tak Ingin Kasus Sipadan-Ligitan Terulang, Lanal Ranai Perkuat Jiwa Nasionalisme Masyarakat Natuna

 

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Wilayah perbatasan Natuna dinilai penting untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme bagi masyarakatnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir usai menutup kegiatan Pelatihan Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut (Binwiltasla) tahun 2021.

Menurut Kolonel Dofir, sebagai antisipasi agar tidak terjadinya kembali seperti kasus sengketa pulau Sipadan dan Ligitan, masyarakat Natuna dihimbau senantiasa mengikuti sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan bela Negara.

Natuna sendiri Kata Dofir, memiliki wilayah strategis yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, Brunai, China, Kamboja, Laos, dan Filipina.

Dengan demikian Natuna dianggap rentan akan terjadinya perebutan wilayah, terlebih saat ini kerap terjadinya pelanggaran oleh Kapal Ikan Negara Asing (KIA).

“Semua ini dimulai dari hal-hal seperti ini, masyarakat Natuna wajib memiliki rasa nasionalisme melalui kegiatan Binwiltasla ini. Kita merujuk dari kajadian seperti pulau Sipadan dan Ligitan, serta Timor-timor”, ujarnya. Selasa, (07/09/2021).

Lanjut Kolonel Dofir mengingatkan, meski Natuna masih relatif aman, namun perlu adanya kewaspadaan bagi instansi terkait dan seluruh masyarakat.

Dirinya berharap, pihaknya dapat rutin melaksanakan kegiatan Binwiltasla agar masyarakat Natuna memiliki jiwa nasionalisme dalam rangka turut mempertahankan negara dari berbagai ancaman. (Zal).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.