Mayjend TNI AD, T. Rajagukguk Menutup Kegiatan TMMD Kodim 0316 Di Galang Batam

IMG-20160601-WA0006

Kepala Staf Ahli Mabes TNI AD. Mayjend TNI AD Turmanhaban Rajagukguk

BATAM, Kepritoday.com – Komando Distrik Militer 0316 Batam melaksanakan kegiatan upacara penutupan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dipulau Galang, kampung Bolekang. Rabu (01/06).

Acara penutupan ini dihadiri oleh Kepala Staf Ahli Mayjend. TNI AD Turmanhaban Rajagukguk, Danrem 033 Wira Pratama, Kolonel Masduni, Danyon Raider Khusus 136, Letkol TNI AD Tommy Anderson, Danyon Marinir X SBY Setokoh, Gubernur Kepri yang mewakili,  Lanal Batam, Polda Kepri, Polresta Barelang, Pemko Batam, tokoh masyarakat dan para peserta upacara dari masing-masing kesatuan TNI/Polri, Satpol PP, Pemuda Pancasila, PPM dan FKPPI Batam.

Kegiatan TMMD Kodim 0316 Batam yang di mulai pada tanggal 03 Mei 2016 tentunya di laksanakan dengan  berbagai kegiatan fisik maupun non fisik, adapun kegiatan yang di maksud fisik adalah pembangunan jalan.

Begitu juga dengan kegiatan non fisik  berupa pemberian wawasan semangat nasionalisme, pemberian wawasan tentang Keluarga Berencana, tentang bahayanya Narkoba.

Dalam Sambutannya, Kepala Staf Ahli Mabes TNI AD Mayjend. TNI, Turmanhaban Rajagukguk, menyampaikan pesan Kepala Staf Angkatan Darat bahwa, program TNI manunggal masuk desa sudah sejak tahun 1980an dengan segudang program ABRI Masuk Desa atau AMD dan telah nyata-nyata dirasakan hasil dan manfaatnya oleh masyarakat.

IMG-20160601-WA0007

Rombongan Undangan dan Masyarakat desa Bolekang Pulau Galang, Batam

Program TMMD ini masih sangat dibutuhkan, karena, sebagian masyarakat Indonesia masih ada dipedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana prasarana dan infrastruktur yang tersebar diwilayah Kodam diseluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pengaspalan jalan, pengerasan jalan.

Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya, pembuatan jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembangunan tempat ibadah dan sekolah, tidak kalah pentingnya juga pembangunan sanitasi dan kesemuanya itu telah dicapai dengan baik.

Dalam wawancara terpisah Mayjend TNI AD Turmanhaban Rajagukguk mengatakan, Program TMMD ini bertujuan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri serta meningkatkan kesadaran bela negara di tengah masyarakat.

” TMMD tidak hanya membantu pembangunan jalan namun akan melakukan perbaikan seperti fasilitas penerangan.” Ujar Turmanhaban saat memberikan keterangan pers di lokasi acara

Acara penutupan TMMD Kodim 0316 Batam juga di meriahkan oleh atraksi Display Marching Band Yonif 136 serta di lanjutkan penandatanganan prasasti,pemberian secara simbolis 40 buah pelampung atau life jacket dan chek kesehatan gratis.(andri)

Top